SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menggandeng tangan Katin, 54, dan membawanya ke pendapa rumah dinasnya kompleks Setda, Minggu (3/5/2020). Katin petani asal Mijil, Kismantoro, Wonogiri itu pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Satu lagi pasien positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 di Wonogiri dinyatakan sembuh. Kini total pasien sembuh sebanyak lima orang dari jumlah akumulasi 10 pasien Covid-19.

Pasien tersebut bernama Auliya, anggota Polres Wonogiri asal Nguntoronadi. Sebelumnya dia dirawat di RS Bhayangkara Semarang. Hal itu diungkapkan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wonogiri (GTPPC) yang juga Bupati Wonogiri, Joko Sutopo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Polisi Kena Prank, Orang Tua Sembunyikan Ferdian Paleka

Kepada wartawan, Rabu (6/5/2020), dia mengatakan Auliya dinyatakan sembuh setelah dua kali tes swab berturut-turut negatif Covid-19. Hasil tes itu kali terakhir pasien Covid-19 Wonogiri itu keluar pada Selasa (5/5/2020) lalu dinyatakan sembuh.

Bupati belum mengetahui Auliya kini pulang ke Wonogiri, melanjutkan pendidikan sekolah calon perwira (secapa) seperti sebelum sakit, atau ke tempat lain. Dia akan berkoordinasi dengan Polres Wonogiri untuk membahas ihwal penjemputan.

3 Penumpang KRL Bekasi-Jakarta Positif Covid-19, Ridwan Kamil Peringatkan Kemenhub

“Kami perlu berkoordinasi dulu. Kira-kira kalau kami menjemput atau menyambut beliau di Wonogiri menyalahi prosedur polisi atau tidak. Kalau tidak masalah dan beliau berkenan, kami akan menjemput atau menyambut kedatangannya seperti yang kami lakukan terhadap pasien Covid-19 sembuh lainnya,” kata Bupati.

Dia melanjutkan Auliya merupakan pasien Covid-19 kelima Wonogiri yang dinyatakan sembuh. Empat pasien lainnya yang sudah sembuh adalah Purwadi, sopir travel asal Ngadirojo; Slamet, pemulung asal Jendi, Selogiri; Eko Eviyanto, sopir asal Pandeyan, Jatisrono; dan Katin, petani asal Mijil, Kismantoro.

Gempa Magnitudo 7,3 Guncang Maluku Tenggara, Getaran Sampai Merauke

Hingga Rabu, tercatat masih ada empat pasien Covid-19 yang dirawat. Mereka adalah 2 orang yang menjalani karantina di rumah masing-masing (Wonogiri dan Pracimantoro), 1 pasien asal Slogohimo di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, dan satu tenaga kesehatan asal Wonogiri berdomisili di Grogol, Sukoharjo, di RSUD dr Moewardi Solo.

Sementara itu, satu pasien Covid-19 lainnya asal Wonogiri meninggal dunia. Bupati menginformasikan kondisi kesehatan seluruh pasien yang belum sembuh membaik. Bahkan, hasil tes swab lanjutan dua pasien yang dikarantina khusus menyatakan negatif.

Pemkab Wonogiri Keluarkan Aturan Ronda: Jangan Berkerumun dan Sampai Pagi!

Hampir Sembuh

Saat ini mereka masih menunggu hasil tes swab kedua. Jika hasilnya negatif berarti mereka akan dinyatakan sembuh dan menyusul 5 pasien Covid-19 Wonogiri lainnya yang sembuh. Namun, apabila hasil tes positif, mereka masih harus menjalani karantina khusus.

“Pasien dari Slogohimo awalnya hasil tes swab lanjutannya pernah negatif. Lalu dites lagi hasilnya positif, jadi masih perlu dirawat,” imbuh Bupati.

50-an Alumni Ijtima Gowa di Jateng Positif Covid-19, Ganjar Meradang

Akumulasi pasien positif Covid-19 di Wonogiri tercatat 10 orang. Jumlah itu bertahan lebih dari sepekan terakhir. Artinya, untuk sementara tidak ada pasien baru yang positif Covid-19 di Wonogiri, bahkan sebagian dalam proses menjadi sembuh.

Hingga Selasa pukul 21.00 WIB, akumulasi orang dalam pemantauan (ODP) tercatat 648 orang, terdiri atas 200 orang masih dipantau dan 448 lainnya selesai pemantauan. Sementara, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) tercatat 46 orang, terdiri atas 2 orang dirawat, 43 sembuh, dan 1 meninggal dunia (negatif Covid-19).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya