Lagi, NASA Kirim Robot ke Planet Mars

Lagi, NASA Kirim Robot ke Planet Mars

SOLOPOS.COM -

Robot atau pendarat Mars InSight akan diangkut dari fasilitas tes Lockheed Martin di Colorado ke Vandenberg Air Force Base di California, AS.

Solopos.com, WASHINGTON – Badan antariksa Amerika Serikat, NASA bersiap untuk meluncurkan InSight Mars. InSight Mars merupakan robot yang dipersiapkan untuk misi berikutnya menuju Planet Merah.

Dilansir Digitaltrends, Minggu (11/2/2018), misi selanjutnya ke Mars telah melewati pengujian akhir pra-peluncuran dan para insinyur mengatakan bahwa sekarang siap untuk "mengirim dan menembak."

Robot atau pendarat Mars InSight akan diangkut dari fasilitas tes Lockheed Martin di Colorado ke Vandenberg Air Force Base di California untuk peluncuran 5 Mei yang dijadwalkan di atas sebuah roket Atlas V.

Susunan solar milik InSight dikerahkan untuk tes akhir, membentangkan panel melingkar besar yang akan memberi kekuatan pada robot itu. "Ini adalah ujian besar terakhir kami sebelum memulai membangun sebuah konfigurasi peluncuran," kata Scott Daniels dari Lockheed Space mengatakan kepada Space.com.

Tidak seperti Curiosity Rover, InSight singkatan dari Interior Exploration menggunakan Seismic Investigations, Geodesy, dan Heat Transport yang tidak berkeliaran di permukaan planet. Sebaliknya, ini dirancang untuk memanfaatkan kedalaman planet merah menggunakan berbagai sensor seismik untuk memantau "Marsquakes" dan aktivitas geologi lainnya di bawah permukaan.

Situs pendaratan adalah daerah yang dikenal sebagai Elysium Planitia, dekat garis khatulistiwa Mars. Ini adalah tempat pendaratan datar yang biasa-biasa saja, tetapi ini dinilai bagus menurut para ilmuwan.

Misi tersebut semula direncanakan pada 2016, namun kebocoran di salah satu seismometer memaksa NASA untuk membatalkan misinya. Penundaan yang panjang itu disebabkan oleh kenyataan bahwa Bumi dan Mars berada dalam keselarasan yang menguntungkan setiap 26 bulan sekali.

Jika semuanya berjalan baik, robot itu akan mendarat di Mars pada November 2018.

Berita Terkait

Berita Terkini

Klaster Sangon Kulonprogo Tambah 45 Kasus Baru, Total Menjadi 107

Klaster sangon di Kabupaten Kulonprogo terus mengalami penambahan kasus positif. Ada tambahan 45 kasus baru sehingga total jadi 107 kasus.

DK PBB Segera Bahas Palestina, Indonesia Pesan ke 3 Negara

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengirimkan pesan kepada menlu tiga negara terkait Palestina menjelang rapat Dewan Keamanan PBB.

Kapolda Jateng: Balik Ke Jakarta Wajib Bawa Hasil Swab dan Surat Izin

Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Ahmad Luthfi meminta masyarakat yang hendak balik ke Jakarta membawa hasil uji swab dari fasilitas kesehatan lokal.

Israel Runtuhkan Kantor Al Jazeera & AP di Gaza

Gedung kantor media internasional Al Jazeera asal Qatar dan Associated Press asal Amerika Serikat di Jalur Gaza runtuh dibom Israel.

28 Pemudik ke Jateng Positif Covid-19

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mengimbau masyarakat Jateng di perantauan untuk tidak mudik Lebaran 2021 demi mencegah Covid-19.

1,5 Juta Orang Bakal Balik ke Jabodetabek

Sebanyak 1,5 juta orang diperkirakan bakal berkendara memasuki wilayah Jabodetabek selama periode arus balik mudik Lebaran 2021.

Kapal Penangkap Ikan Indonesia Kecelakaan di Samudera Hindia

Kementerian Luar Negeri menginformasikan adanya kapal penangkap ikan bernama KM Bandar Nelayan 188 yang kecelakaan mengalami kebocoran di Samudera Hindia.

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.