SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Antara)

SOLO -– Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) tahap II di Solo, Selasa (2/10/2012), diwarnai dengan masalah teknis. Salah satunya adalah program mata pelajaran yang belum terpasang ketika ujian dimulai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perwakilan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah dan Koordinator Pelaksanaan UKG Kota Solo, Retno Prabandari, menjelaskan kesalahan itu terjadi ketika peserta yang telah log in atau masuk ke sistem tidak dapat mengakses soal sesuai kompetensi mata pelajaran.

“Peserta sudah masuk sistem tapi ketika soalnya dibuka tidak sesuai,” jelasnya saat ditemui wartawan, Selasa.

Setelah diperiksa, kesalahan terjadi karena program soal mata pelajaran belum dipasang di server, sehingga tidak dapat diakses oleh seluruh peserta UKG tahap II gelombang pertama di SMK Negeri 2 Solo yang berjumlah 14 orang.

“Setelah program dipasang semuanya sudah teratasi,” paparnya.

Karena masalah teknis tersebut UKG tahap II gelombang pertama yang seharusnya dimulai pukul 07.30 WIB terpaksa mundur dan baru dimulai pukul 08.00 WIB.

“Hal itu tidak memengaruhi lama waktu pengerjaan soal, karena waktu dihitung pada saat log in dan mulai mengerjakan soal,” jelasnya.

Hal serupa dialami salah satu peserta asal SMKN 2 Solo yang mengikuti ujian di SMP Negeri 1 Solo. Sumanto, 56, mengaku dalam 15 menit pertama tidak dapat mengerjakan soal kompetensi gambar teknik karena tidak dapat diakses secara langsung.

“Tapi setelah pindah komputer baru bisa,” jelasnya.

Sementara itu, Retno menambahkan sebenarnya pihak provinsi telah menyusun strategi agar masalah-masalah teknis yang terjadi di UKG tahap pertama tidak terjadi lagi. Salah satunya pelaksanaan UKG yang dilakukan bertahap dan tidak secara serentak atau diploting per daerah.

“UKG kali ini dibagi beberapa gelombang, dengan jangka waktu 2 Oktober sampai 2 November,” jelasnya.

Pelaksanaan UKG secara bertahap itu merupakan usulan yang diajukan Provinsi Jawa Tengah kepada pusat untuk meminimalisir kegagalan akses data. Dicontohkan, untuk gelombang pertama pelaksanaan UKG tahap II di Jawa Tengah, yaitu antara Selasa-Senin, (2-8/10/2012) hanya dilakukan di 10 tempat, antara lain Pekalongan, Tegal, Banjarnegara Grobongan termasuk di Solo.

“Itu supaya traffic-nya tidak padat, sehingga tidak macet seperti dulu. Soalnya pada tahap pertama kegagalan log in di Jawa Tengah mencapai 60%” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya