SOLOPOS.COM - Ilustrasi jubah (nationalgeographic.co.id)

Solopos.com, SOLO--Sejumlah ilmuwan kini tengah merancang sebuah jubah penghilang yang memanfaatkan frekuensi pita lebar (broadband) untuk menyembunyikan benda atau manusia.

Dilansir nationalgeographic.co.id, Rabu (13/11), para ahli fisika Amerika berpendapat jubah ajaib ini hanya bisa menyembunyikan benda dalam jangkauan panjang gelombang cahaya tertentu atau gelombang mikro. Dalam frekuensi lain, jubah penghilang justru akan membuat sebuah benda tampak semakin jelas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, solusi tim peneliti atas persoalan itu adalah sistem elektronik supertipis. Ulasan sistem ini dimuat dalam jurnal Physical Review Letters.

Ekspedisi Mudik 2024

“Jubah aktif kami adalah konsep dan rancangan baru yang bertujuan menerobos batasan-batasan (jubah penghilang yang ada sekarang) dan kami menunjukkan bahwa hal itu mungkin dilakukan,” kata Prof Andrea Lu dari University of Texas di Austin.

Ditambahkannya, apabila Anda ingin membuat sebuah obyek transparan di mana semua sudut dalam frekuensi broadband, temuan ini adalah solusi yang baik. “Kami berusaha mewujudkan teknologi yang leih baik tapi sampai saat ini kami masih dalam tahap awal.”

Persepsi publik akan jubah penghilang ajaib kebanyakan merujuk pada jubah yang ditampilkan dalam kisah Harry Potter. Model pertama yang dibuat ilmuan pada 2006 berhasil menghilangkan silinder tembaga kecil dengan cara membengkokkan gelombang mikro di sekitarnya.

Jubah tersebut dibuat dari cangkang tipis materi meta yaitu komposit buatan yang strukturnya memungkinkan terbentuknya properti yang tidak ada di alam. Materi penghilang ini sangat berguna untuk kepentingan militer, mikroskopi, biomedis dan penghasil energi.

Sebelumnya, Andrea Lu dan timnya pernah memublikasikan percobaan awal penelitian ini di New Journal of Physics edisi 26 Maret 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya