SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi

SOLO—Solo Investation, Tourism and Trade Expo (Sittex) menambah panjang daftar event Kota Solo tahun 2012, yang batal digelar. Dalam buku Cultural Calender Event 2012, semestinya Sittex itu diselenggarakan Kamis-Minggu (11-14/10/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabid Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Budi Sartono menyampaikan Sittex adalah agenda yang digagas Kantor Penanaman Modal (KPM) yang saat itu masih dipimpin Hasta Gunawan. Tapi, setelah KPM merger dengan Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT) menjadi Badan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu (BPMPT), event itu tidak dianggarkan untuk dilaksanakan pada 2012 ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala BPMPT Solo, Pujo Hariyanto mengakui kondisi tersebut, sehingga agenda Sittex yang merupakan pameran promosi perdagangan, pariwisata dan investasi itu batal digelar tahun ini.

“Memang, setelah KPM itu berubah menjadi badan dan merger dengan KPPT, ternyata anggaran kami tahun ini belum mencakup event itu. Semestinya, anggaran 2012 kan sudah diprogramkan sejak tahun 2011. Dan kenapa demikian, saya sendiri kurang tahu karena saya di sini [BPMPT] juga belum lama,” kata Pujo, saat ditemui Solopos.com, di ruang kerjanya, Selasa (9/10).

Pujo mengatakan, ada kemungkinan Sittex akan diselenggarakan tahun 2013 dengan persiapan yang lebih matang lagi. “Ya nanti akan kami bahas lagi, semoga bisa dilaksanakan tahun depan.”

Budi kembali menyampaikan, 48 event yang dirangkum dalam buku Cultural Calender Event 2012 bukan semuanya program Disbudpar. Semestinya, kata dia, event yang diusulkan dalam kalender tahunan jangan merujuk pada tokoh yang mengusulkan, tapi lembaganya. Sehingga, saat berganti kepemimpinan program tetap bisa dilanjutkan.

Seperti diketahui, dari 48 event yang rencananya digelar sepanjang 2012, beberapa batal dilaksanakan, di antaranya Solo International Ethnic Music (SIEM), Festival Dalang Bocah dan Sittex ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya