SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Tim Dinas Pertanian (Distan) Kota Solo kembali menemukan sejumlah hewan kurban tahun ini yang terjangkit penyakit cacing hati.
Penyakit yang menyerang hati sapi tersebut menyerang lima persen dari jumlah sapi kurban di Kota Bengawan.

Penjelasan itu disampaikan Kepala Distan Solo, Weni Ekayanti saat ditemui Espos Selasa (16/11). “Berdasar pantauan petugas yang kami sebar ditemukan beberapa sapi yang terkena cacing hati. Kami minta panitia penyembelihan hewan kurban membuang bagian hati sapi yang terkena penyakit ini,” katanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menambahkan hati sapi tetap aman dikonsumsi asal bagian yang terkena penyakit cacing dibuang. Masyarakat dan panitia penyembelihan hewan kurban tidak perlu takut bila menemukan penyakit itu. Masih adanya hewan kurban yang terkena cacing hati dikarenakan sulit mendeteksi penyakit itu bila belum disembelih.

Menurut Weni terdapat sekitar 580 lokasi penyembelihan hewan kurban di Solo. Petugas Distan memeriksa kondisi daging kurban di sebagian besar lokasi penyembelihan tersebut. Tujuannya untuk memastikan daging kurban layak dan sehat dikonsumsi masyarakat.

kur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya