Lagi, Balai Bahasa Jawa Tengah Gelar Penghargaan Prasidatama 2019
Penghargaan Prasidatama 2018. (Dok)

Solopos.com, SEMARANG — Balai Bahasa Jawa Tengah (Jateng) akan memberikan Penghargaan Prasidatama pada instansi/lembaga dan perorangan yang memartabatkan bahasa Indonesia dalam beberapa ranah penggunaan di Jateng.
 
Penganugerahan penghargaan juga diberikan pada penulis buku-buku sastra bermutu yang terbit di Jateng. Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Tirto Suwondo, menyatakan penempatan bahasa Indonesia sesuai dengan kedudukan dan fungsinya memerlukan upaya dari berbagai pemangku kepentingan, terutama pemerintah pusat dan daerah.

”Salah satu langkah untuk mewujudkan keinginan itu adalah melalui pemberian penghargaan. Penggunaan bahasa Indonesia diatur dalam Undang-Undang No. 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan,” kata Tirto dalam rilis yang diterima Solopos.com, Jumat (14/6).

Batas akhir pengiriman berkas pada 30 Juli, penjurian pada Agustus, dan pengumuman pemenang serta penyerahan penghargaan dilaksanakan pada Oktober.

Tim juri terdiri atas akademisi, praktisi, dan peneliti Balai Bahasa Jawa Tengah. Adapun pemenang setiap kategori akan mendapatkan piagam penghargaan, trofi, dan uang pembinaan.

Penerima penghargaan mendapatkan uang pembinaan Rp10 juta sementara nomine Rp2,5 juta untuk masing-masing kategori. Pajak hadiah ditanggung pemenang.

Penilaian Penghargaan Prasidatama 2019 meliputi kategori penggunaan bahasa Indonesia di pemerintah kabupaten/kota; penggunaan bahasa Indonesia di dinas pendidikan kabupaten/kota; penggunaan bahasa Indonesia di SMK; antologi puisi; antologi cerpen; dan novel.

Peserta  instansi diminta mengirimkan salinan dokumen naskah dinas yang meliputi surat edaran, surat tugas,  surat  keterangan,  surat  keputusan,  surat  undangan, laporan kegiatan, berita acara, notula, dan media publikasi.

Instansi juga diharap mengirimkan foto papan nama lembaga, tulisan nama sarana umum, tulisan nama ruang pertemuan, tulisan nama produk barang dan jasa, tulisan nama jabatan, tulisan penunjuk arah atau rambu, dan tulisan spanduk atau alat informasi lain.

Seluruh dokumen naskah dinas serta foto dijilid dan dikirim sebanyak tiga eksemplar. Informasi lebih lengkap bisa diperoleh di Balai Bahasa Jawa Tengah di Jl. Elang Raya 1, Mangunharjo, Tembalang, Semarang, dengan nomor telepon (024) 76744357 atau lewat faksimile di (024) 76744358. Peserta juga bisa mengecek laman balaibahasajateng.kemdikbud.go.id atau pos-el di balaibahasa.jateng@kemdikbud.go.id.
 





Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom