SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI — Kebakaran hutan kembali terjadi di Wonogiri. Kali ini api menghanguskan hutan seluas 5 hektare di Gunung Purik, Dusun Dung Bandung, Desa Gemawang, Ngadirojo, Selasa (20/8/2019) siang. 

Lokasi hutan yang terjal membuat warga kesulitan memadamkan api. Informasi yang dihimpun Solopos.com, kebakaran hutan Gunung Purik itu diketahui warga sekitar pukul 13.00 WIB. 

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Hutan yang terbakar itu merupakan kawasan milik Perhutani. Lokasinya berjarak sekitar 500 meter dari permukiman warga. 

“Kondisi lahannya miring sekitar 45-60 derajat mempersulit pemadaman api. Saya juga melarang warga mendekat karena khawatir membahayakan jiwanya jika ada pohon tumbang akibat terbakar dan lainnya,” kata Camat Ngadirojo, Agus Hendradi, saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Agus mengaku belum mengetahui secara pasti apa penyebab kebakaran hutan itu. Kondisi pepohonan di hutan meranggas karena musim kemarau. Di hutan itu ada sejumlah saluran air besar-besar yang membuat kebakaran tidak akan meluas ke permukiman. 

“Api tidak akan melewati saluran itu. Lokasinya juga cukup jauh dari permukiman,” ujar dia. 

Kebakaran hutan kerap kali terjadi di Wonogiri dalam beberapa pekan terakhir. Sebelumnya, kebakaran menghanguskan hutan di sembilan bukit di kawasan Selogiri. Setelah itu, api juga membakar hutan di kawasan Eromoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya