SOLOPOS.COM - Ilustrasi petugas medis menangani virus corona (Covid-19). (Freepik)

Solopos.com, MADIUN -- Sebanyak tiga tenaga kesehatan atau nakes yang bekerja di rumah sakit di Kota Madiun terkonfirmasi positif Covid-19.

Satu orang tenaga medis yang terpapar bertugas di RSUD Kota Madiun. Sedangkan dua tim medis lain yang terpapar bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Kota Madiun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun, Subakri, mengatakan untuk satu nakes dari RSUD Kota Madiun terkonfirmasi positif Covid-19 pada Rabu (19/8/2020). Tenaga medis ini berinisial RPY dan berusia 30 tahun.

Kasus Konfirmasi Positif Corona Solo Disebut Punya Ekor Panjang, Begini Penjelasannya

Warga Kelurahan Pandean, Kecamatan Taman, Kota Madiun ini sudah tiga kali melakukan tes swab PCR. Pasien ini merupakan kontak erat pasien konfirmasi positif nomor 30.

"Hasil swab pertama dan kedua keluar dengan hasil negatif dan inkonklusif. Sedangkan tes swab ketiga keluar positif. Aat ini pasien telah menjalani isolasi mandiri di rumah dengan protokol kesehatan dan tidak ada keluhan gejala," jelasnya, Kamis (20/8/2020).

Bakri menuturkan untuk dua nakes yang bekerja di salah satu RS swasta di Kota Madiun baru terkonfirmasi Covid-19 pada Kamis (20/8/2020). Keduanya tercatat sebagai pasien nomor 56 dan 57.

Tertular

Untuk nakes yang menjadi pasien nomor 56 merupakan laki-laki berusia 23 tahun berinisial SYS. Pasien ini merupakan warga Kelurahan Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo.

Pasien ini diduga tertular virus corona setelah berkontak dengan pasien konfirmasi positif dari Kabupaten Madiun. SYS ini sempat menjalani rapid test dua kali untuk keperluan perjalanan ke Yogyakarta. Dua kali rapid test itu hasilnya non-reaktif semua.

"Meski non-reaktif. Namun, karena merupakam kontak konfirmasi positif. Pasien ini pun menjalani tes swab. Dan hasilnya ternyata positif Covid-19," ujarnya.

Pasien ini menjalani isolasi di rumah sakit tempatnya bekerja dengan kondisi tidak ada keluhan. Kontak erat dan kerabat di Jogjakarta pun telah dilakukan tracing.

Vlogger Cilik Boyolali Bunga Salsabila Akhirnya Bisa Ketemu Gubernur Ganjar, Dapat Hadiah Laptop Pula!

Sedangkan satu nakes yang terpapar lagi berinisial LW. Nakes perempuan berusia 27 tahun ini merupakan warga Kelurahan Kejuron, Kecamatan Kartoharjo.

Pasien LW ini juga merupakan kontak pasien konfirmasi positif dari Kabupaten Madiun. Pasien termasuk tanpa gejala karena tidak mengalami keluhan apapun. LW ini juga beraktivitas seperti biasa setelah berkontak dengan pasien konfirmasi.

"Namun, setelah pasien yang ditangani dinyatakan positif dan meninggal dunia. Nakes ini menjalani tes swab PCR dan hasilnya ternyata positif," jelasnya yang menyebut pasien diisolasi di RS tempatnya bekerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya