SOLOPOS.COM - Ilustrasi penanganan pasien Covid-19. (Reuters)

Solopos.com, PONOROGO -- Setelah dirawat di rumah sakit lebih dari sepekan akibat terpapar Covid-19, satu pasien warga  Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, meninggal dunia.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, mengatakan ada satu pasien terpapar Covid-19 meninggal dunia pada 16 Agustus lalu. Pasien pria berusia 63 tahun ini meninggal dunia setelah menjalani perawatan di rumah sakit lebih dari sepekan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pasien di Ponorogo ini terpapar Covid-19 setelah tertular dari pasien konfirmasi nomor 211. "Pada tanggal 10 Agustus lalu, pasien ini diambil spesimen untuk tes swab. Karena kondisi pasien lemah sehingga dirawat di rumah sakit," kata Ipong, Jumat (21/8/2020).

Sudah 5.000-an Orang Klaten Mendaftar Bantuan Sosial UMKM, Berapa yang Lolos?

Ipong menuturkan saat ini total pasien meninggal dunia karena Covid-19 di Ponorogo sudah ada enam orang.

Selain pasien meninggal dunia, pada Jumat ini juga ada lima warga Ponorogo yang baru terkonfirmasi positif Covid-19. Kasus positif ini didominasi pasien yang tertular pasien konfirmasi sebelumnya dan pasien yang datang dari luar kota.

Kasus pertama yaitu seorang perempuan berusia 26 tahun dari Campurejo, Kecamatan Sambit. Pasien ini memiliki riwayat kontak dengan pasien konfirmasi nomor 216.

Seksi I Tol Solo-Jogja Jalur Kartasura-Purwomartani Dibangun Mulai Pertengahan 2021

Kasus kedua yaitu seorang laki-laki berusia 28 tahun asal Desa Pupus, Kecamatan Ngebel. Pasien ini memiliki riwayat datang dari Jakarta dua pekan lalu. Kemudian pasien ini melakukan rapid test dan hasilnya reaktif. Setelah itu tes swab hasilnya positif.

"Kasus ketiga yaitu seorang perempuan berusia 43 tahun asal Carat, Kauman. Pasien ini juga memiliki riwayat datang dari Jakarta dua pekan lalu. Setelah melakukan rapid test dengan hasil reaktif. Pasien ini pun menjalani tes swab dengan hasil positif," jelas Ipong.

Riwayat Datang dari Jakarta

Pasien keempat merupakan seorang laki-laki berusia 21 tahun dari Babadan. Pasien ini merupakan kontak erat dari pasien konfirmasi nomor 211.

Sedangkan pasien terakhir yaitu seorang perempuan berusia 40 tahun dari Nglayang, Kecamatan Jenangan. Pasien ini juga memiliki riwayat datang dari Jakarta dua pekan lalu.

Nekat Buka dan Jual Miras Ilegal, Karaoke Aloha Sukoharjo Disegel

Empat hari setelahnya, pasien mengalami keluhan panas dan kemudian berobat ke rumah sakit. Setelah dilakukan tes swab ternyata hasilnya positif.

Pada Jumat ini juga ada lima pasien yang dinyatakan sembuh. Yaitu pasien nomor 113 dari Bedrug Kecamatan Pulung, pasien nomor 193 dari Ronowijayan Kecamatan Siman, pasien nomor 207 dari Prayungan Kecamatan Sawoo, pasien nomor 217 dari Krebet Kecamatan Jambon, dan pasien nomor 220 dari Desa/Kecamatan Bungkal.

Saat ini secara akumulasi kasus Covid-19 di Ponorogo mencapai 231 orang. Dengan 212 pasien sembuh, enam pasien meninggal dunia, dan pasien yang masih menjalani isolasi 13 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya