SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdandan. (freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Para Wanita yang mulai bekerja kembali atau beraktivitas di luar rumah di era new normal, tentu merasa tidak lengkap jika keluar rumah tanpa make up atau kosmetik.

Meski protokol kesehatan pencegahan Covid-19 menganjurkan penggunaan masker hingga face shield, perempuan umumnya lebih percaya diri dengan tetap menggunakan kosmetik seperti lipstik, bedak, maskara, dan lainnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penggunaan kosmetik dapat meningkatkan rasa percaya diri perempuan sebab mereka akan merasa cantik dan bahagia. Ketika perempuan merasa bahagia maka bisa meningkatkan imunitas tubuh, yang penting di masa pandemi ini.

Susah Turunkan Berat Badan Bisa Jadi Tanda Penuaan Dini Wanita

Namun banyak pertanyaan muncul terkait penggunaan kosmetik. Amankah berdandan menggunakan kosmetik di tengah pandemi Covid-19 dan bagaimana cara menggunakan kosmetik secara aman selama masa new normal?.

Sebab, biasanya penggunaan kosmetik menyasar area sekitar mata dan bibir. Padahal, droplet yang menjadi sumber penularan virus corona dapat menyebabkan seseorang tertular bila berkontak dengan area wajah, terutama hidung, mata, dan mulut.

Namun tak perlu khawatir berlebihan saat menggunakan kosmetik, asal Anda dapat menerapkan tips dan trik berikut ini seperti yang disampaikan oleh Susi Rendra, dokter spesialis kulit dan kelamin RS Pondok Indah–Puri Indah.

Cara Mudah Membuat Masker Tomat Sesuai Masalah Kulit Wajah

Menurut Susi, sebaiknya gantilah kosmetik dengan set yang baru bila sudah lama tidak digunakan selama masa work from home (WFH) kurang lebih hampir 3 bulan.

“Bila tidak memungkinkan membeli yang baru, buanglah lapisan teratas kosmetik sebelum mulai digunakan kembali,” kata dia, baru-baru ini.

Kemudian yang terpenting adalah mencuci tangan sebelum menggunakan kosmetik.

Area Publik

Aplikasikan kosmetik saat di masih berada rumah. Hindari mengaplikasikan kosmetik di area publik, karena ada risiko droplet mikro di udara yang dapat menempel di permukaan kosmetik kita

Selain itu, jangan meminjamkan kosmetik milik kita dan jangan meminjam kosmetik milik orang lain selama masa pandemi. Kita tidak bisa mengetahui apabila seseorang tersebut ternyata orang tanpa gejala (OTG).

Selanjutnya, bersihkan wadah kosmetik secara rutin menggunakan sabun ataupun bahan antiseptik lainnya, bila perlu setiap hari. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kosmetik saat wajah bersih.

Pakai Masker Sebabkan Jerawat? Begini Cara Mencegahnya

Hindari touch-up (menambahkan, mengoreksi) kosmetik saat kita di luar rumah dan tidak bisa membersihkan muka terlebih dahulu.

Bila kita terindikasi terkena infeksi Covid-19, hentikan penggunaan kosmetik. Sebagian orang merasa lebih aman dengan membuang kosmetik lama dan menggantinya dengan yang baru setelah sembuh

“Cucilah kuas dan spons yang kita gunakan secara berkala untuk menjaga kebersihannya. Gunakan kosmetik sesuai rentang waktu suatu produk bisa digunakan seperti yang dianjurkan oleh produsen, biasanya berkisar 3-6 bulan,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya