SOLOPOS.COM - Labu botol (un2kmu.wordpress.com)

Labu botol (un2kmu.wordpress.com)

Sayuran labu cukup banyak dimanfaatkan untuk konsumsi sehari-hari. Di antara banyak jenis labu, salah satu yang dikenal dan banyak dimanfaatkan adalah labu botol yang kaya air dan baik untuk alternatif diet.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bagi sebagian orang, memiliki berat badan berlebih merupakan hal yang mengganggu. Banyak cara dilakukan untuk menurunkan berat badam, mulai dari  berolahraga rutin, mengatur pola makan sehat, hingga diet ketat lewat asupan makanan.

“Makanan yang membantu dalam program penurunan berat badan seharusnya yang mengandung serat tinggi juga kadar air yang banyak,” kata konsultan gizi, Esti Nur, saat ditemui di Sleman, Selasa (18/12/2012).

Selama ini, buah-buahan berserat tinggi seperti pepaya dan apel menjadi camilan favorit mereka yang tengah menjalani program diet. Untuk jenis sayuran, sawi wortel, kentang, dan brokoli banyak dipilih. Sementara, jika ingin mencoba menu baru, labu botol bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi.

Labu botol termasuk sayuran berair dengan rasa agak manis dan segar. Agak berbeda dari jenis labu lain yakni labu siam dan labu kuning, labu botol memiliki bentuk dan tekstur kulit yang berbeda.

Bentuknya mirip botol dengan kulit permukaan halus seperti terong.
Pengelola kios tanaman di Dongkelan, Jalan Bantul, Umi Khiriyah mengatakan, dibanding labu jenis lain, labu botol memiliki manfaat lebih tinggi untuk memelihara kesehatan.

“Tidak banyak yang menanam, tapi sebenarnya bisa dibudidayakan. Rasa labu ini mengandung lebih banyak air,” katanya, Selasa.

Labu botol memiliki nama latin Lageneria vulgaris. Tanaman labu botol termasuk jenis tanaman rambat yang berasal dari Afrika. Menurut Umi, kegunaan labu botol hampir sama dengan melon yang juga kaya akan kandungan air. Dengan demikian, mengonsumsi jus labu botol juga akan membantu menyegarkan tubuh.

Karena mengandung kadar air tinggi, labu botol memiliki sifat mendinginkan. Daging buah dengan serat tinggi tergolong mudah dicerna dan diserap tubuh.

“Jadi cocok untuk diet, karena pencernaan sehat dan seratnya akan memperlama perut terasa lapar,” lanjut Umi.

Sebagai minuman kesehatan, jus labu botol bisa ditambah perasan jeruk nipis agar rasanya lebih segar. Selain menyegarkan tenggorokan dan membuat kenyang lebih lama, jus labu botol bisa membantu memberi rasa tenang.

Manfaat labu botol bersumber dari kandungan senyawa yang dimiliki, seperti senyawa alkali yang berfungsi mencegah gangguan pada saluran kemih. Selain itu, manfaat lain di antaranya didapatkan dari kandungan kalorinya yang rendah, lemak, vitamin C, B dan mineral berupa zat besi, natrium, serta kalium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya