Laboratorium PCR Kini Juga Tersedia di RS Bhayangkara Semarang
Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi (tengah), saat meresmikan Laboratorium PCR RS Bhayangkara Semarang, Jumat (13/11/2020). (Semarangpos.com-Humas Polda Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Layanan pemeriksaan atau tes polymerase chain reaction (PCR) untuk mendeteksi virus corona jenis baru atau Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) bertambah. Penambahan itu seiring dibukanya laboratorium PCR di RS Bhayangkara Semarang,

Laboratorium PCR RS Bhayangkara Semarang milik Kepolisian Daerah atau  Polda Jateng.itu resmi beroperasi Jumat (13/11/2020). Peresmian dilakukan langsung Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi.

Kapolda Jateng mengatakan tes PCR dilakukan untuk mendeteksi material genetik virus corona atau mendiagnosis Covid-19.

Ini 10 Tips Fengsui Bikin Toko Makin Ramai

“Pada situasi pandemi seperti sekarang ini sangat dibutuhkan pemeriksaan PCR. Tujuannya, untuk mengetahui dengan segera jika seseorang terpapar Covid-19, sehingga langsung bisa ditangani,” ujar Luthfi.

Sementara itu, Kepala RS Bhayangkara Semarang, Kombes Pol. Dr. dr. Sumy Hastry, mengatakan laboratorium PCR RS Bhayangkara Semarang saat ini masih menunggu proses sertifikasi Kementerian Kesehatan (Kemkes) agar bisa diakses masyarakat umum.

Tiga Ruangan

Laboratorium itu dibangun di atas lahan seluas 37 meter per segi. Laboratorium terdiri dari tiga  ruangan, yakni ruangan penerimaan sampel dan ekstraksi, ruangan mixing reagen, dan ruang pemeriksaan PCR.

“Kapasitasnya bisa melakukan pemeriksaan 100-150 spesimen per hari. Proses pemeriksaan diharapkan bisa selesai dalam tempo 1 hari, maksimal 3 hari,” ujar Sumy.

Dance Tiktok Gempi di Wanokaka NTT Viral

Selain laboratorium PCR, dalam kesempatan itu Kapolda Jateng juga meresmikan Klinik Forensik yang diperuntukan bagi perempuan dan anak.

Layanan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terpadu dan komprehensif kepada korban kekerasan seksual, terutama perempuan dan anak.

“Fitur aduan online dapat mudah diakses masyarakat melalui aplikasi yang tergabung dalam aplikasi pendaftaran RS Bhayangkara,” imbuh Sumy.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Semarangpos.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom