SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengaturan jarak di tempat makan untuk menghindari penyebaran COvid-19. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Klaster penularan Covid-19 dari rumah makan penjaja kuliner patut diwaspadai. Sampai saat ini ada beberapa klaster dari usaha tersebut yang menjadi sumber penularan wabah.

Klaster warung makan rentan membuat virus corona jenis baru ini menyebar karena interaksi penjual dan konsumen. Klaster warung makan juga bisa menyebar antarpegawai dan pengelola warung.

Promosi Presiden Apresiasi BRI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Inklusi Keuangan

Klaster kuliner dari warung ayam goreng di Sukoharjo, Tahu Kupat Solo, Mangut Kepala Manyung Bu Fat di Semarang, Soto Lamongan Jogja, hingga yang terbaru warung makan di Wonosari Klaten menunjukkan persebaran virus corona semakin masif.

Inilah Wujud Ular Bandotan yang Gigit Tangan Warga Sumberlawang Sragen hingga Melepuh & Menghitam

Fakta tersebut juga harus semestinya mengingatkan untuk selalu waspada dan mengingat pesan ibu untuk tidak sembarangan jajan di luar rumah.

Meski demikian, bukan berarti tidak boleh jajan sama sekali di luar rumah. Anda masih bisa jajan, namun dengan menerapkan panduan aman berikut ini:

Bakul Klambi di Sukoharjo Terduga Teroris Ditangkap Densus 88, Rumahnya Digeledah

Selektif

Tips jajan kuliner pertama adalah memilih tempat yang tidak ramai pengunjung. Anda bisa memilih restoran yang sudah mengambil tindakan preventif. Mulai dari menyiapkan hand sanitizer, menata kursi dan meja untuk menjaga jarak fisik, hingga pengecekan suhu tubuh.

Jika tempat makan yang Anda kunjungi adalah warung kaki lima, pastikan betul kebersihan dan penerapan protokol kesehatan. Jangan lupa untuk selalu memakai masker dan pastikan pemilik serta karyawan di sana juga mengenakan masker dengan baik.

Stay Safe! Begini Cara Cegah Covid-19 Klaster Perkantoran

Hindari Jam Sibuk

Perhatikan waktu berkunjung saat Anda ingin menyantap makanan di suatu kedai. Hindari mengunjungi tempat makan pada jam-jam sibuk, seperti jam makan siang atau akhir pekan.

Menghindari kerumunan adalah cara aman untuk melindungi diri dari virus corona sekaligus mencegah munculnya klaster kuliner di kedai. Anda bisa mendatangi restoran di jam-jam sepi, misalnya sebelum atau sesudah jam makan siang.

Api Abadi Mrapen Padam, Api Bonagung Sragen Malah Tunjukkan Tanda Keabadian

Bawa Alat Makan

Tips jajan kuliner berikutnya adalah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk melindungi diri agar tidak tertular virus corona. Termasuk membawa peralatan makan sendiri yang ringan seperti sendok, garpu, atau sumpit.

Jangan Berbagi Makanan

Pastikan Anda tidak berbagi makanan dengan orang lain saat bersantap. Tips jajan kuliner ini perlu dipatuhi untuk menekan risiko penularan virus corona.

Selain itu, jangan berbagi peralatan makan dengan orang lain. Anda juga dianjurkan tidak mencelupkan makanan yang sudah masuk ke mulut ke dalam kuah atau bumbu makanan kembali. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa jadi faktor utama pada penyebaran virus corona.

Covid-19 Soloraya: Ini 3 Klaster Kuliner yang Bikin Heboh

Siapkan Hand Sanitizer

Membawa hand sanitizer merupakan tips penting menjaga diri dari penularan Covid-19. Cairan pembersih tangan ini juga wajib disediakan di tempat kuliner untuk mencegah klaster baru penularan Covid-19. Selain itu, disarankan untuk mengelap meja terlebih dahulu sebelum menempatinya menggunakan tisu yang sudah diberi hand sanitizer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya