SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video ungguhan akun Twitter Ducaticorse menampilkan motor Bagnaia yang ditempeli nomor 1. (Twitter/@ducaticorse)

Solopos.com, SOLO – Nomor 1 pada motor juara dunia MotoGP disebut-sebut sebagai kutukan karena sang pemakainya sering tak mampu mempertahankan nomor tersebut pada edisi balapan selanjutnya.

Kini Ducati telah membuka bocoran nomor motor yang akan dipakai juara dunia MotoGP 2022 untuk musim balapan 2023 nanti.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Francesco Bagnaia kabarnya akan memakai nomor motor 1 untuk kuda besi tunggangannya pada MotoGP 2023 ini. Dalam unggahan video pada akun Twitter @ducaticorse pada 23 Januari 2023 telah dicuplikkan bocoran motor Bagnaia telah ditempeli nomor 1 pada bagian depannya.

Sesaat setelah bocoran tersebut pro dan kontra pun langsung muncul.

Ada yang menyatakan Bagnaia tak akan mampu mempertahankan nomor 1 atau sebagai juara pada MotoGP musim ini, namun tak sedikit pula yang menyebut anggapan kutukan nomor 1 tersebut hanya mitos belaka.

Nomor 1 pada motor pembalap bagi para penggemarnya dianggap menjadi tanda sang pembalap adalah juara. Namun bagi yang tak sepaham menganggap pemakain nomor 1 pada motor juara bertahan sama saja mengundang kutukan.

Faktanya, nomor 1 pada motor pembalap juara dunia memang belum ada lagi sejak 2012. Pembalap asal Australia, Casey Stoner menjadi yang terakhir memasang angka 1 tersebut pada motor balapnya.

Meski mitos tentang kutukan nomor 1 pada motor juara bertahan MotoGP tersebut sudah lazim terdengar, tetapi tak sepenuhnya benar.

Buktinya pada musim 2022, juara MotoGP 2021 Fabio Quantararo yang memakai nomor 20 pada motornya juga tak mampu mempertahankan gelar dan harus merelakannya pindah ke tangan Bagnaia.

Kini Bagnaia akan memakai nomor 1 yang dianggap sebagai nomor kutukan pada motor Ducatinya untuk musim MotoGP 2023 dari sebelumnya menempelkan nomor 63 di bagian depan kuda besinya.

Sejumlah pembalap MotoGP pernah menolak memasang nomor 1 pada motornya sebagai penanda juara bertahan dengan berbagai alasan termasuk kutukan nomor tersebut.

Mereka di antaranya adalah Valentino Rossi yang tetap memakai nomor 46, Jorge Lorenzo yang setia pada angka 99, Marc Marquez dengan nomor 93, Joan Mir yang memilih tetap memakai noor 36, dan Fabio Quartararo dengan nomor 20 kesayangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya