Kategori: Viral

Kurus Kering Hidup Sebatang Kara, Video Nenek Muntiah Viral


Solopos.com/Anandita Marwa Aulia

Solopos.com, LAMONGAN — Rekaman video seorang nenek yang hidup sebatang kara di Lamongan, Jawa Timur, belakangan hari ini, viral di jagat maya. Muntiah, 80, warga Kecamatan Sugio, Lamongan, Jatim hidup dalam kondisi memprihatinkan.

Video yang menggambarkan kondisi nenek-nenek tersebut diunggah oleh pengguna akun Instagram @jurnalwarga, Sabtu (23/1/2021). Muntinah yang badannya tampak kurus kering tak terawat itu kemudian viral.

Rekaman video kondisi nenek Muntiah berhasil menyedot perhatian netizen dan viral di medsos. Mereka merasa kasihan dengan kondisi sang nenek.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Kata Astrologi Karismatik & Populer

Dalam video tersebut terlihat sang nenek didatangi sejumlah orang yang kemudian memberinya makan. Ia kemudian melahap makanan yang diberikan oleh sekelompok orang dalam video tersebut.

Si nenek tampak tergeletak di ubin lantai tanah. Ia tampak sangat lunglai. Kondisi tubuh Muntiah pun tampak kurus dengan mata yang sangat cekung.

“Kondisi Mbah Muntialah [Muntiah] di Lamongan Ini Memprihatinkan. Mbah Muntialah [Muntiah] 80th, Janda dhuafa tidak punya anak, didesa Pangkat Rejo Sugio Lamongan Jawa timur. Tinggal sendirian, terlihat divideo kondisi Mbah Muntialah [Muntiah] sangat memprihatinkan,” demikian tulis pengguna akun Instagram @jurnalwarga.

Baca Juga: Sadis! Pria di Ogan Ilir Bacok 3 Orang di Jalanan...

Berdasarkan keterangan Islama, keponakan sang nenek, sehari-hari nenek Muntiah dirawat oleh dirinya. Islama yang juga warga kurang mampu ini sehari-harinya bekerja sebagai buruh tani.

Islama mengaku memang kurang memperhatikan kondisi nenek Muntiah karena tak tinggal dalam satu atap. Walaupun tak serumah, Islama selalu memastikan agar pintu rumah dikunci.

Sudah Pikun

Ia takut sang nenek merangkak keluar rumah dan bisa membahayakan kondisi sang nenek. “Mbahnya ini sudah pikun usianya sudah 80 tahun,” ujar Islama dalam Bahasa Jawa dilansir dari Detik.com, Minggu (24/1/2021)

Baca Juga: Ini Ramalan Cinta 12 Zodiak di Bulannya Aquarius

“Biasanya rumah saya kunci dengan tali karena si mbah sering merangkak sendiri pingin keluar rumah,” papar Islama.

Menanggapi video viral nenek Muntinah itu, Kepala Desa Pangkat Rejo, Usmin mengaku sudah memberikan bantuan. Sebelum tinggal di Desa Pangkat Rejo, kata Usmin, sang nenek tinggal di Desa Lawangan Agung, Kecamatan Sugio.

“Tahun 2018 sudah kita uruskan kependudukan di sini [Desa Pangkat Rejo], karena sebelumnya warga Lawangan Agung,” beber Usmin.

Baca Juga: Akhirnya, Dayana Jadi Trending Topic Twitter Juga

Sejak menjadi warga desanya, lanjut Usmin, nenek Muntiah sudah ia masukkan dalam warga penerima bantuan. Termasuk memasukkan nenek Muntiah yang kini videonya viral di medsos itu ke dalam daftar penerima bantuan sosial dari pemerintah.

“Setiap bulannya sudah mendapatkan bantuan,” lanjutnya.

Setelah viral, kediaman nenek Muntiah kini banyak disambangi warga. Warga yang datang ada yang sekedar melihat langsung kondisi nenek Muntiah atau warga yang sengaja datang untuk memberikan bantuan berupa uang maupun bahan makanan seperti beras dan mi instan.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Share
Dipublikasikan oleh
Rahmat Wibisono