SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghitung uang tunai rupiah (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Kurs rupiah hari ini dibuka menguat 25 poin atau 0,19%.

Solopos.com, JAKARTA — Nilai tukar rupiah dibuka menguat 0,19% atau 25 poin ke Rp13.350/US$ pada perdagangan hari ini, Selasa (15/11/2016).

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Sebelumnya, rupiah ditutup terapresiasi 8 poin atau 0,06% ke level Rp13.375/US$ setelah diperdagangkan pada kisaran Rp13.301 – Rp13.383/US$.

Meskipun ditutup menguat, Samuel Sekuritas Indonesia menilai potensi pelemahan rupiah masih ada dalam jangka pendek atau hingga pertemuan the Fed pada Desember 2016.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Rangga Cipta, mengatakan ketidakpastian global meningkat ketika pertumbuhan PDB Indonesia diumumkan melambat.

Menurutnya, hal itu sudah cukup untuk memicu pelemahan rupiah dan IHSG yang tertular oleh pelemahan tajam harga SUN yang hampir 40% kepemilikannya dikuasai oleh investor asing.

Adapun, tekanan pelemahan terhadap rupiah berpeluang bertahan dalam jangka pendek paling tidak hingga FOMC meeting di Desember 2016 walaupun ruang pelemahan bisa terbantu kehadiran BI di pasar valas dan SUN yang saat ini dibekali oleh US$115,7 miliar cadangan devisa.

“Dalam jangka menengah kami melihat membaiknya indikator fundamental seperti defisit neraca transaksi berjalan, inflasi serta prospek perbaikan defisit fiskal akan menjaga tren penguatan rupiah,” katanya dalam riset.

Sementara itu, fokus akan perlahan beralih ke data perdagangan Indonesia yang datang Selasa siang serta BI RR rate yang datang Kamis, di mana diperkirakan tidak berubah.

Mata uang lainnya di Asia Tenggara bergerak mayoritas melemah. Dolar Singapura melemah 0,28%, peso Filipina melemah 0,47%, baht Thailand melemah 0,22%. Hanya ringgit Malaysia yang menguat 0,26%

Sementara itu, indeks dolar AS yang memantau pergerakan mata uang dolar terhadap mata uang lainnya terpantau menguat 0,915 poin atau 0,92% ke posisi 99,975 pada pukul 16.01 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya