Tutup Iklan

Kurs Rupiah Melemah ke Level Rp13.482/US$

Kurs Rupiah Melemah ke Level Rp13.482/US$

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghitung rupiah. (Rachman/JIBI/Bisnis)

Kurs rupiah pagi ini dibuka di level Rp13.479 per dolar AS.

Solopos.com, JAKARTA – Nilai tukar rupiah di pasar spot hari ini, Kamis (5/10/2017),melemah 5 poin atau 0,4% ke level Rp13.482 per dolar AS. Sebelumnya pada 08.06 WIB, spot dibuka melemah tipis 2 poin atau 0,01% ke level Rp13.479 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah berhasil mempertahankan reboundnya hingga akhir perdagangan Rabu (4/10/2017), di tengah apresiasi mata uang Asia terhadap dolar AS.

Rupiah ditutup menguat 0,48% atau 65 poin di Rp13.477 per dolar AS, setelah dibuka dengan penguatan 0,30% atau 40 poin di Rp13.502.

Rebound rupiah kemarin mengakhiri pelemahan selama dua hari berturut-turut sebelumnya. Adapun pada perdagangan Selasa (3/10), rupiah berakhir melemah 0,01% atau 2 poin di posisi 13.542 per dolar AS.

Sepanjang perdagangan hari ini, rupiah bergerak di kisaran Rp13.459 – Rp13.515 per dolar AS.

Tak hanya berhasil rebound, rupiah juga terpantau memimpin apresiasi mata uang di Asia. Penguatan rupiah diikuti oleh won Korea Selatan dengan 0,42% dan rupee India sebesar 0,36%.

Rupiah memimpin penguatan mata uang emerging market di Asia saat reli dolar AS terhenti di tengah penantian investor atas keputusan Presiden Donald Trump terkait kepemimpinan baru bank sentral AS The Federal Reserve.

“Dolar AS mengambil jeda, jadi para pedagang akan cenderung mengambil untung dalam dolar terhadap mata uang Asia,” kata Peter Chia, pakar strategi mata uang di United Overseas Bank, seperti dikutip dari Bloomberg.

Meski demikian, lanjutnya, mata uang Asia diperkirakan masih akan melemah pada kuartal ini saat The Fed mengurangi neraca dan kemungkinan akan menaikkan suku bunga lagi akhir tahun ini.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks dolar AS yang mengukur kekuatan kurs dolar AS terhadap sejumlah mata uang utama turun 0,12% atau 0,111 poin ke 93,458 pada pukul 16.31 WIB.

Sebelumnya indeks dolar dibuka dengan kenaikan 0,03% atau 0,026 poin di level 93,595, setelah pada perdagangan Selasa (3/10/2017) berakhir naik 0,01% di posisi 93,569.

Indeks dolar AS tergelincir dari relinya saat pasar menunggu sentimen baru dari pidato Gubenur Federal Reserve Janet Yellen di depan Konferensi Community Banking pada hari ini waktu setempat.

Selain itu, pasar juga mencermati rumor yang berhembus mengenai pergantian Gubernur The Fed. Kandidat yang disebut dapat menggantikan Yellen ialah Jerome Powell dan mantan anggota Dewan, Kevin Warsh.

Berita Terkait

Berita Terkini

Tembok Dilubangi, Toko Elektronik di Boyolali Disatroni Maling, Kerugian Tembus Rp100 Juta

Sebuah toko elektronik di Jl Pandanaran, Boyolali, menjadi sasaran pencurian. Kejadian itu menyebabkan kerugian hingga sekitar Rp100 juta.

Meski Sudah Divaksin, Wali Kota Salatiga Terpapar Covid-19

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto terpapar Covid-19 meski telah menjalani vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac pada Februari lalu.

Perusahaan Perkebunan Serat Terbesar Hindia Belanda Ada Di Wonogiri Loh, Ini Lokasinya

Perusahaan perkebunan serat yang memproduksi tali tambang kapal, karung goni, dan lain-lain pada masa Hindia Belanda ada di Wonogiri.

Tempe Bacem Kaleng Magelang Melintasi Melintasi Pasar Dunia

Usaha menengah kecil dan mikro di Kabupaten Magelang terus berinovasi, salah satunya pengrajin tempe dalam kaleng yang justru diminati pasar luar negeri.

Covid-19 Varian India di Kudus, Ini Langkah Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta sejumlah pemerintah kabupaten di Jateng mencanangkan gerakan di rumah saja.

2 SMKN Jogja Ini yang Masuk Top 1.000 Sekolah Terbaik

Jogja punya sekolah menengah kejuruan negeri terbaik yang bisa lolos dalam Top 1.000 sekolah terbaik nasional berdasarkan nilai rerata TPS UTBK tertinggi pada tahun 2020.

Braak, Sepeda Motor Terjepit Seusai Tabrak Bus BST Dekat Flyover Purwosari Solo 

Kecelakaan lalu lintas antara Bus BST dan sebuah sepeda motor terjadi di Jl. Slamet Riyadi atau sisi timur Flyover Purwosari pada Minggu (13/6/2021)

Solo Uji Coba Angkutan Bus Listrik dan Bus Low Deck, Lewat Koridor Mana?

Bus listrik dan bus low deck segera diuji coba di jalanan Kota Solo, rencananya angkutan feeder juga akan diganti mobil bertenaga listrik.

Tradisi Memanggil Jin di Daerah Ini Jadi Atraksi Wisata

Tarian yang berisi tradisi memanggil jin ini telah menjadi bagian dari pertunjukan untuk menyambut tamu-tamu penting yang datang.

Tanpa Lelah, Petugas Rutin Sterilisasi Asrama Haji Donohudan Boyolali

Sterilisasi kawasan Asrama Haji Donohudan di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, terus dilakukan untuk menekan potensi persebaran Covid-19.

Tahu Bakso, Kudapan Khas Ungaran yang Bikin Nagih

Selain dikenal dengan lumpia dan juga bandeng presto, Semarang juga memiliki jajanan khas, yaitu tahu bakso yang aslinya berasal dari Kota Ungaran.

Covid-19 India di Kudus, Gubernur Ganjar Minta Petugas Lebih Waspada

Petugas yang menangani pasien Covid-19 di  Kudus meningkatkan kewaspadaan menyusul terdeteksinya persebaran Covid-19 varian India di sana.