SOLOPOS.COM - Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (JIBI/Solopos/Dok.)

Kurs rupiah pagi ini dibuka menguat 3 poin.

Solopos.com, JAKARTA — Nilai tukar rupiah dibuka menguat tipis 0,02% atau 3 poin ke 13.071/US$ pada perdagangan hari ini, Jumat (23/9/2016).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelumnya, rupiah di pasar spot ditutup menguat 63 poin atau 0,48% di level Rp13.074/US$ setelah diperdagangkan pada kisaran  Rp13.048 – Rp13.108/US$. Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia memutuskan untuk memangkas BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 5%.

Selain itu, bank sentral juga menurunkan deposit facility sebesar 25 basis poin menjadi 4,25% dan lending facility turun 25 basis poin menjadi 5,75% berlaku efektif hari ini.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus D.W Martowardojo, mengatakan pelonggaran kebijakan moneter melalui 7-day Reverse Repo Rate ini sejalan dengan berlanjutnya stabilitas makroekonomi tercermin dari inflasi yang rendah, defisit transaksi berjalan yang terkendali, dan nilai tukar rupiah relatif stabil.

“Pelonggaran diharapkan memperkuat untuk mendorong permintaan domestik. BI meyakini, pelonggaran akan memperkuat kebijakan yang ditempuh pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” ucapnya, dalam konferensi pers, di Gedung BI, Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Hal tersebut sejalan dengan komentar seluruh ekonom yang disurvei Bisnis pada Rabu (21/9/2016) yang menilai bulan ini saat yang tepat bagi bank sentral untuk memangkas suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin.

Relaksasi itu diyakini dapat mendorong perekonomian di tengah keterbatasan fiskal. Samuel Sekuritas Indonesia menilai kelanjutan penguatan rupiah terjadi seiring Bank Indonesia yang melakukan pelonggaran moneter.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Rangga Cipta, euforia pencapaian uang tebusan tax amnesty yang bertahan akan bertemu dengan harapan pemangkasan BI RR rate akan menguasai arah pergerakan aset berdenominasi rupiah pada perdagangan kemarin. Penguatan  nilai tukar rupiah terjadi saat hampir seluruh mata uang lainnya di kawasan Asia Tenggara juga bergerak menguat.

Hanya dolar Singapura yang melemah 0,09%, sedangkan baht Thailand menguat 0,04%, peso Filipina menguat 0,11%, dan ringgit Malaysia menguat 0,77%. Sementara itu, indeks dolar AS terpantau melemah 0,48% atau 0,457 poin ke level 95,203 pada pukul 15.57 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya