SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergerakan kurs rupiah (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Kurs rupiah kembali melemah meskipun pemerintah hendak mengumumkan penurunan harga BBM dan paket kebijakan ekonomi XI hari ini.

Solopos.com, JAKARTA — Kurs rupiah terus melemah hingga hari ini, Selasa (29/3/2016). Rupiah ditutup di level Rp13.395/dolar AS atau melemah 53 poin (0,39%). Padahal, hari ini ada rencana penurunan harga BBM dan pengumuman paket kebijakan ekonomi jilid XI.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Bloomberg Dollar Index mengemukakan pada rupiah dibuka menguat 8 poin atau 0,06% ke Rp13.335/dolar AS. Namun pada pukul 11.31 WIB atau dua jam menjelang pengumuman, rupiah malah terlempar ke level Rp13.400/dolar AS.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjelaskan pengumuman paket akan dilakukan sebelum pelaksanaan rapat terbatas (ratas) tentang pembangunan infrastruktur dan pembebasan lahan jelang Asian Games pada pukul 14.00 WIB dan ratas tentang dwelling time dan tol laut pada pukul 15.00 WIB.

“Kenapa dua materi ratas ini sangat penting dan ditunggu masyarakat, maka kami memutuskan untuk pengumuman paket akan dilakukan sebelum ratas,” katanya, di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (29/3/2016).

Pramono menjelaskan ada lima poin penting yang akan masuk dalam paket kebijakan. Sementara itu pagi ini indeks dolar AS kembali menguat meski tipis, yaitu naik 0,03% ke level 95,976.

“Dolar AS menguat karena ekspektasi The Fed mau menaikkan suku bunga,” kata Octavianus Marbun, Analis PT Waterfront Securities Indonesia saat dihubungi hari ini, Selasa (29/3/2016).

Seperti diketahui petinggi bank sentral AS (Federak Reserve) belum lama ini mengemukakan kemungkinan kenaikan Fed Rate tahun ini akan dilakukan pada pertemuan FOMC pada 26-27 April 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya