SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Bisnis)

Kurs rupiah ditutup menguat hari ini.

Solopos.com, JAKARTA — Kurs rupiah kembali bergerak menguat hari ini. Rupiah ditutup di level Rp13.299/dolar AS atau menguat 10 poin atau (0,08%). Rupiah dibuka menguat 0,29% atau 38 poin ke Rp13.271/dolar AS pada perdagangan Kamis pagi tadi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kemarin, Rabu (11/5/2016), kurs rupiah ditutup melemah setelah sempat bergerak menguat. Nilai tukar rupiah ditutup terkoreksi 23 poin atau 0,17% ke Rp13.309 per dolar AS.

Ekspedisi Mudik 2024

Samuel Sekuritas memperkirakan penguatan rupiah atas dolar AS hari ini seiring sentimen dari global dan penguatan harga minyak. Ekonom Samuel Sekuritas, Rangga Cipta, mengatakan harga minyak mentah kembali naik tajam pada perdagangan semalam. Selain akibat laporan produksi minyak AS yang di bawah harapan, prediksi EIA bahwa harga minyak akan naik tajam di 2017 juga ikut mendorong optimisme terhadap harga minyak mentah.

Sementara itu indeks dolar perlahan mulai kembali ke kisaran 93, setelah diumumkannya surplus anggaran belanja pemerintah AS yang membesar. Initial jobless claims AS ditunggu malam ini diperkirakan turun tipis.

Menurutnya, rupiah yang sempat menguat di perdagangan kemarin bersamaan dengan sentimen pelemahan dolar di Asia ternyata harus ditutup melemah walaupun hanya tipis. Belum adanya sentimen positif dari domestik membuat dorongan penguatan terhadap aset berdenominasi rupiah tidak maksimal.

“Harapan tinggi diberikannya peringkat layak investasi oleh S&P membawa ketidakpastian bersamaan dengan kebijakan tax amnesty yang belum menemui titik terang. Hari ini faktor global diperkirakan masih mendukung sentimen pelemahan dolar sehingga ditambah dengan penguatan harga minyak mentah, rupiah seharusnya bisa menguat,” katanya dalam riset yang diterima, Kamis (12/5/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya