Tutup Iklan

Kurs Rupiah Dibuka Menguat Tipis ke Rp13.520/US$

Kurs Rupiah Dibuka Menguat Tipis ke Rp13.520/US$

SOLOPOS.COM - Ilustrasi nilai tukar rupiah. (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Kurs rupiah pagi ini dibuka menguat tipis Rp13.520/US$.

Solopos.com, JAKARTA – Nilai tukar rupiah menguat 10 poin atau 0,07% ke Rp13.520 per dolar AS seiring pergerakan IHSG pada pembukaan perdagangan hari ini, Kamis (12/10/2017). Sebelumnya, pada 08:03 WIB, spot sempat berada di angka 13.513 per dolar AS.

Pada Rabu (11/10/2017), nilai tukar rupiah berakhir melemah pada akhir perdagangan.Rupiah ditutup terdepresiasi 0,13% atau 18 poin di Rp13.530 per dolar AS, setelah dibuka dengan kenaikan 0,1% atau 14 poin di Rp13.498 per dolar AS.

Sepanjang perdagangan kemarin, rupiah bergerak di kisaran Rp13.494 – Rp13.543 per dolar AS. Adapun pada perdagangan kemarin, Selasa (10/10/2017), rupiah ditutup melemah 0,04% ke Rp13.512 per dolar AS.

Penguatan rupiah berlangsung di saat mayoritas mata uang di Asia terpantau mixed, dengan penguatan tertajam dialami dolar Taiwan yang naik 0,29%, sedangkan renminbi China melemah paling signifikan (-0,30%).

Sementara itu, berdasarkan data Bloomberg, indeks dolar AS yang mengukur kekuatan kurs dolar AS terhadap sejumlah mata uang utama terpantau cenderung stagnan di level 93,291 pada pukul 16.33 WIB setelah sempat melemah hingga 93,058 hari ini.

Indeks dolar AS sempat terkoreksi seiring dengan positifnya data ekonomi kawasan Eropa dan ketidakpastian situasi geopolitik di semenanjung Korea.

Asia Trade Point Futures dalam publikasi risetnya hari ini menuliskan, dolar AS kembali terkoreksi seiring dengan positifnya data ekonomi kawasan Eropa. Di sisi lain absennya data ekonomi AS juga turut membebani laju greenback di tengah ketidakpastian situasi geopolitik yang berlangsung di semenanjung Korea.

Kemarin sore tercatat rilis data ekonomi Jerman tersaji positif karena mengalami surplus sebesar 21,6 miliar euro, di atas dari ekspektasi pelaku pasar di angka 20 miliar euro.

“Data ini berhasil memicu performa mata uang tunggal EUR terhadap USD. Selain itu ditundanya rencana kemerdekaan Katalan dari Spanyol, menambah sentimen positif terhadap nilai mata uang EUR,” papar riset.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Layanan 5G Hadir di Solo, Pelayanan Publik Bisa 24 Jam

Peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Solo kian mendukung kota ini menjadi kota pintar atau smart city.

Terbentur Undang-Undang, Kemenag Solo Tak Keluarkan Izin Tempat Belajar Anak-Anak Perusak Makam di Mojo

Kemenag Kota Solo memastikan tidak mengeluarkan izin keberadaan kuttab atau lembaga pendidikan anak usia dini di Mojo, Pasar Kliwon.

Rumah di Pinggir Jalan Raya Bikin Pusing? Coba Tips Ini

Tanam saja tanaman perdu yang daunnya berwarna-warni. Selain bisa meredam suara berisik, adanya tanaman ini bisa memperindah rumah di pinggir jalan.

7 Rekomendasi Mobil Murah di Bawah Rp100 Juta yang Terjangkau

Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan berbagai alternatif mobil murah di bawah Rp100 juta yang cocok untuk kantong Anda.

Warga Sragen Buktikan Ivermectin Ampuh Jadi Obat Covid-19, 5 Hari Mengonsumsi Langsung Negatif

Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Mantan Bupati Sragen Promosikan Ivermectin Sebagai Obat Covid-19, Terbukti Ampuh?

Bupati Sragen periode 2001-2011, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Kasus Kematian Covid Tanpa Komorbid Tinggi

Angka kematian pasien Covid-19 di Klaten masih tinggi. Tak hanya pasien dengan komorbid atau penyakit penyerta, pasien yang meninggal tanpa komorbid sebesar 35%.

Vaksin Bikin Tubuh Aman dari Covid-19? Cek Faktanya

Vaksin Covid-19 bukanlah satu-satunya alat yang dapat melindungi tubuh dari infeksi virus corona.

Dua Juru Parkir Liar di Kota Madiun Diringkus Polisi

Dua juru parkir liar ditangkap Polres Madiun Kota dalam pemberantasan aksi premanisme dan pungli.

Duh! Petani Tembakau di Klaten Terancam Gagal Panen Gara-Gara Cuaca Tak Menentu

Sejumlah petani tembakau di Klaten dilanda kegalauan. Cuaca yang tak menentu mengakibatkan tanaman tembakau tak tumbuh secara optimal.

Isolasi Lokal di Gedawung Baturetno Wonogiri Selesai, Warga Siraman Pakai Air Kendi

Isolasi lokal yang diterapkan di Dusun Gedawung, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, Wonogiri telah selesai, Selasa (22/6/2021).

Lezatnya Suboli Pizza, Pizza Susu Khas Boyolali

Di Boyolali, terdapat kuliner khas yakni pizza susu dan dikenal dengan nama Suboli Pizza. Makanan ini biasanya dijual di Jl Pandan Arang, Boyolali.