SOLOPOS.COM - Menghitung Uang Pecahan Rp100.000 (Dok/JIBI/Bisnis)

Kurs rupiah akhirnya ditutup menguat setelah nyaris sepanjang hari tertekan sejak pembukaan.

Solopos.com, JAKARTA — Pergerakan kurs rupiah ditutup menguat pada perdagangan hari ini, Senin (18/7/2016). Rupiah berakhir menguat 0,07% atau 9 poin ke posisi Rp13.087/dolar AS. Sebelumnya, rupiah dibuka melemah 0,34% atau 45 poin ke Rp13.141/dolar AS pagi tadi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejak awal perdagangan, rupiah terus tertekan di zona merah, namun dapat berbalik menguat walaupun tipis. Sepanjang hari ini, rupiah diperdagangkan pada kisaran Rp13.070/dolar AS-Rp13.148/dolar AS.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada menilai penguatan rupiah terhadap dolar AS terhambat karena minimnya katalis dari penerapan dan realisasi tax amnesty. “Sehingga membuat pergerakan rupiah bergantung pada keadaan global khususnya BoE yang tetap mempertahankan tingkat suku bunganya. Rupiah cenderung menguat terbatas,” paparnya dalam riset.

Ditambah lagi dengan kembali melemahnya Yen seiring ekspektasi stimulus BoJ yang turut menghambat penguatan Rupiah terhadap USD. Sementara itu, Bloomberg US Dollar Index, yang melacak pergerakan mata uang dolar terhadap mata uang utama dunia, terpantau melemah 0,09 poin ke level 95,571 pada pukul 15.57 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya