SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergerakan kurs rupiah (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Kurs rupiah akhirnya ditutup menguat meski cuma 1 poin.

Solopos.com, JAKARTA — Rupiah akhirnya ditutup menguat hari ini, Rabu (23/3/2016), setelah melemah selama tiga hari berturut-turut. Rupiah ditutup di level Rp13.183/dolar AS atau menguat menguat 1 poin (0,01%).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pagi tadi, kurs rupiah dibuka rebound, menguat 0,13% atau 17 poin ke Rp13.167/dolar AS dan terus menguat 0,22% atau 29 poin ke Rp13.155/dolar AS. Adapun indeks dolar AS terpantau menguat tipis 0,01% ke level 95,66 setelah sempat melemah di awal perdagangan.

Ekspedisi Mudik 2024

Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta menilai peluang pelemahan rupiah dalam jangka pendek masih tersisa, meskipun ruang penguatan ke depan masih ada. “Sentimen domestik belum ada yang krusial di minggu ini selain tambahan sentimen negatif dari mogok angkutan yang berakhir rusuh kemarin,” ungkapnya dalam riset.

Sementara itu, indeks dolar AS melanjutkan penguatannya setelah indeks manufaktur AS membaik semalam. Kenaikan indeks dolar AS juga sejalan dengan kenaikan imbal hasil US Treasury walaupun imbal hasil Jerman dan Jepang terlihat masih turun.

“Indeks dolar melanjutkan penguatan, harga minyak terus melaju,” kata Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta dalam risetnya yang diterima hari ini, Rabu (23/3/2016). “Data penjualan rumah baru AS ditunggu malam nanti diperkirakan juga membaik. Rentetan data AS yang diumumkan membaik berpeluang menjaga sentimen positif terhadap dolar dalam jangka pendek.”

Rupiah mulai tertekan di tengah hari pukul 12.00 WIB, melemah 3 poin atau 0,02% ke Rp13.187 per dolar AS di akhir sesi I perdagangan saham. Namun menjelang penutupan, rupiah berbalik menguat 7 poin atau 0,05% ke Rp13.177 per dolar AS saat IHSG menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya