SOLOPOS.COM - Ilustrasi buku ajar (Dok/JIBI/Harian Jogja/Antara)

Kanalsemarang.com, KUDUS—Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, saat ini baru menerima kiriman buku kurikulum 2013 sebanyak 21 ton dari rencana sebanyak 95 ton, kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kudus Hadi Sucipto.

“Awalnya, buku kurikulum 2013 tersebut hendak dikirimkan saat Ramadan, namun baru terealisasi sekarang,” ujarnya, ditemui di sela-sela mengecek pengiriman paket buku kurikulum 2013, seperti dikutip Antara, Jumat (22/8/2014).

Promosi Sukomulyo Gresik Pemenang Desa BRILiaN Kategori Pengembangan Wirausaha Terbaik

Dari 21 ton buku tersebut, tercatat ada sekitar 1.257 boks sesuai mata pelajaran.

Ekspedisi Mudik 2024

Buku yang sudah dikirim ke Kudus dari perusahaan percetakan di Solo itu, meliputi mata pelajaran matematika untuk kelas XI SMA dan prakarya untuk kelas X SMA, sedangkan untuk SMP terdapat lima mata pelajaran.

Kelima mata pelajaran tersebut, antara lain bahasa Inggris, IPS, matematika, PPKn dan seni budaya.

“Semua buku untuk SMP tersebut hanya untuk kelas VII sehingga belum lengkap termasuk untuk SMA. Sedangkan SD belum sama sekali,” ujarnya.

Untuk mengatasi permasalahan belum diterimanya paket buku pelajaran kurikulum terbaru tersebut, masing-masing sekolah diinstruksikan mencetak buku kurikulum 2013 sesuai kebutuhan agar proses belajar mengajar tetap berjalan dengan lancar.

“Masing-masing sekolah sudah memiliki salinan buku kurikulum 2013 dalam bentuk soft copy,” ujarnya.

Untuk mengurangi beban biaya operasional proses pencetakan sementara masing-masing sekolah bisa memanfaatkan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Ia berharap, perusahaan percetakan yang bertanggung jawab untuk wilayah Kudus segera dituntaskan, karena daerah lain sudah menerima buku kurikulum 2013 sejak lama.

Terkait informasi percetakan yang mencetak buku kurikulum 2013 untuk Kudus akan diganti perusahaan lain, dia mengaku, tidak mengetahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya