SOLOPOS.COM - Kegiatan belajar di salah satu SD di Solo. (Dok./JIBI/Solopos)

Kurikulum 2013 diharapkan dapat diterapkan di Kota Jogja di seluruh sekolah.

Harianjogja.com, JOGJA – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jogja mengusulkan pemberlakukan Kurikulum 2013 atau Kurikulum Nasional di seluruh sekolah negeri di kota tersebut mulai tahun ajaran 2016/2017.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

“Kami sudah usulkan ke kementerian, namun belum ada jawaban. Harapannya, semua sekolah negeri bisa melaksanakan Kurikulum Nasional mulai tahun ajaran mendatang,” kata Kepala Disdik Kota Jogja Edy Heri Suasana seperti dikutip dari Antara, Sabtu (2/1/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, seluruh sekolah negeri dari tingkat SD hingga SMA/SMK di Kota Jogja siap melaksanakan Kurikulum Nasional 2013, dan seluruh guru sudah mengikuti pelatihan untuk melaksanakan kurikulum tersebut.

Jumlah sekolah negeri di Kota Jogja terdiri dari 89 SD, 16 SMP, 11 SMA dan tujuh SMK. Pada tahun ini, sudah ada delapan SMA yang memberlakukan Kurikulum 2013, terdiri dari empat sekolah negeri dan empat sekolah swasta.

Sedangkan di tingkat SMK terdapat enam sekolah yang terdiri dari satu SMK swasta dan sisanya SMK negeri. Di jenjang SMP terdapat empat sekolah negeri dan dua swasta, serta 16 SD negeri dan dua swasta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melakukan verifikasi terhadap usulan yang disampaikan Dinas Pendidikan Kota Jogja disesuaikan dengan kuota yang diberikan.

“Kementerian akan melakukan verifikasi untuk menilai kesiapan sekolah. Jika siap, maka sekolah bisa memberlakukan kurikulum sesuai kuota. Ada kuota yang diberikan, namun pada dasarnya semua sekolah siap,” katanya.

Edy mengatakan, pengalihan pengelolaan SMA/SMK dari sebelumnya oleh Dinas Pendidikan Kota Jogja menjadi di bawah Pemerintah DIY bukan menjadi halangan bagi sekolah untuk melaksanakan Kurikulum 2013.

“Pada dasarnya, tanggapan dari sekolah untuk memberlakukan Kurikulum 2013 sangat bagus. Kami tinggal menunggu jawaban saja dari kementerian,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya