SOLOPOS.COM - Kasi Madrasah Kementerian Agama Wonogiri, Achmad Farid, menunjukkan tiga buku kurikulum 2013 yang baru diterima dan didistribusikan ke sekolah-sekolah, Jumat (19/9/2014). (Trianto Hery S./JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI – Keterlambatan distribusi buku-buku Kurikulum 2013 tak hanya terjadi di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri tetapi juga sekolah di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag).

Informasi yang dihimpun , Jumat (19/9/2014), belum separuh kebutuhan buku di tahun ajaran ini diterima.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Wakil Kepala MTsN 1 Wonogiri, Joko Supriyanto, menjelaskan, belum semua buku kurikulum 2013 diterima. “Senin, baru sebagian buku yang sudah diterima. Sekarang masih proses pendataan dan pengecekan,” ujar Joko.

Kepala Seksi Madrasah Kemenag Wonogiri, Achmad Farid, menyatakan kebutuhan buku per tahun ajaran sekitar tujuh macam. Dia mencontohkan buku pegangan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) seharusnya tujuh buah namun sekarang baru tiga buku diterima. Yakni Buku Alquran Hadis, Buku Akidah Akhlak dan Buku Bahasa Arab.

Di jenjang MTs atau setingkat SLTP, ujarnya, baru satu buah buku Akidah dan Akhlak serta di tingkat Madrasah Aliyah (MA) atau setingkat SLTA juga baru satu buku yang diterima, yaitu buku Fiqih.

Achmad Farid meminta semua guru madrasah arif dan cermat setelah menerima buku-buku Kurikulum 2013. dia meminta semua guru membaca isi buku baru tersebut agar lebih mengetahui sejak awal jika muncul persoalan.

“Jika ada kejanggalan bisa dikomunikasikan ke Kemenag karena sesuai surat dari Dirjen Kemenag bahwa Kemenag menerima saran, kritik dan perbaikan yang terkait dengan substansi buku. Jangan sampai kesalahan diketahui siswa sementara guru tidak tahu sama sekali,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya