SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA — Pengadaan buku kurikulum 2013 akan dilakukan melalui proses lelang. Pemenang lelang kemudian melakukan penggandaan sekaligus mendistribusikan buku ke satuan pendidikan yang telah ditetapkan.

“Bukunya disiapkan dari Jakarta. Kemudian buku akan dikirimkan oleh pemenang lelang ke sekolah,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim pada rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (27/2/2013).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Musliar mengatakan implementasi kurikulum 2013 akan dimulai pada bulan Juli mendatang. Oleh karena itu, proses pelelangan, pelaksanaan pekerjaan, dan pendistribusian harus diselesaikan pada akhir Juni nanti.

“Dokumen kurikulum sudah selesai. Hari ini buku sedang dikaji oleh dosen dan guru yang ditunjuk,” lanjutnya.

Adapun jumlah buku yang akan didistribusikan sebanyak jumlah peserta didik dalam satu kelas. Misalnya, jika ada 30 peserta didik maka akan dikirimkan 30 buku.

“Ditambah dengan buku pegangan guru dan buku agama,” imbuh Wamen.

Seperti diketahui, proses penyiapan buku ditargetkan selesai pada akhir bulan ini. Selanjutnya, buku ini akan digunakan untuk pelatihan guru.

Musliar menuturkan buku disediakan oleh pemerintah secara gratis dan tidak satupun yang diwajibkan membeli. Lembar kerja siswa juga tidak akan ada lagi.

“Guru bisa membuat langsung pertanyaan dan tugas yang diberikan kepada peserta didik,” ujarnya.

Pihaknya juga memastikan semua sekolah yang telah ditetapkan untuk melaksanakan kurikulum 2013 ini gurunya telah dilatih. Buku panduan untuk guru sudah disiapkan.

“Jadi tidak mungkin guru tidak paham kurikulum ini,” jelasnya.

Musliar menambahkan implementasi kurikulum 2013 juga mencakup madrasah meliputi madrasah ibtidaiah, madrasah tsanawiah dan madrasah aliah.

“Tinggal menambahkan mata pelajaran sesuai dengan yang sudah berlaku selama ini,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya