SOLOPOS.COM - Kegiatan belajar di salah satu SD di Solo. (Dok./JIBI/Solopos)

Kanalsemarang.com, SEMARANG—Dinas Pendidikan Kota Semarang mengharapkan proses distribusi seluruh buku pelajaran bermuatan kurikulum baru bisa dirampungkan pada akhir Agustus 2014.

“Kami sudah lakukan pengecekan dan evaluasi soal distribusi buku-buku kurikulum baru pada 19-20 Agustus lalu,” kata Kepala Disdik Kota Semarang, Bunyamin seperti dikutip Antara, Senin (25/8/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari hasil pengecekan, kata dia, memang belum seluruh buku bermuatan kurikulum baru diterima sekolah, tetapi diharapkan seluruhnya sudah diterima sekolah pada akhir Agustus ini.

Menurut dia, kalangan sekolah dasar (SD) yang paling banyak kekurangan distribusi, sementara untuk sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) tidak terlampau banyak.

“Dalam artian, untuk SMA/SMK kekurangan distribusi hanya kurang untuk sejumlah mata pelajaran tertentu. Kalau untuk sekolah menengah pertama (SMP) sudah lebih baik lagi,” katanya.

Ia menegaskan belum terdistribusinya seluruh buku pelajaran bermuatan kurikulum baru itu tidak mengganggu keberlangsungan pembelajaran di sekolah karena sudah disiapkan antisipasinya.

“Setiap sekolah juga sudah kami beri CD (compact disc) berisi muatan buku-buku itu. Dari CD yang jadi ‘master’ itu, sekolah bisa menggandakannya dan dibagikan kepada para siswa,” katanya.

Sebelumnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sudah menginstruksikan agar seluruh buku pelajaran bermuatan kurikulum baru paling lambat diterima setiap sekolah pada 15 Agustus 2014.

“Ya, kami paham distribusi butuh proses. Sebab, pengiriman buku ini [kurikulum baru] kan langsung ke sekolah-sekolah, tidak lewat kami [Disdik] terlebih dulu,” kata Bunyamin.

Oleh karena itu, kata dia, Disdik Kota Semarang akan kembali melakukan pengecekan ke sekolah-sekolah pada akhir Agustus ini untuk memastikan sekolah sudah menerima seluruh buku pelajaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya