SOLOPOS.COM - Ilustrasi Buku Kurikulum 2013 (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Kurikulum 2013 dihentikan, buku 2006 masih menjadi masalah.

Harianjogja.com, JOGJA-Kepala Sekolah SD Candi Baru Karangmojo Theresia Trisnawati mengatakan, proses belajar menggunakan Kurikulum 2006 sudah berjalan lancar. Namun, masih ada permasalahan terhadap buku ajar, sebab buku yang tersedia tidak mencukupi untuk seluruh siswa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya tidak tahu di sekolah lain, kalau di tempat kami berjalan baik,” katanya.

Menurut dia, kendala lain, buku ajar Kurikulum 2006 sudah banyak yang rusak, mulai dari penjilidan hingga ada buku yang jumlah halamannya tidak lengkap.

“Kalau hanya satu dua halaman bisa kami kopi, tapi kalau sudah parah maka satu digunakan lebih dari satu orang. Mudah-mudahan, ada pengadaan buku baru sehingga proses belajar bisa lebih lancar,” ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris Disdikpora Gunungkidul Bahron Rasyid saat dikonfirmasi kemarin, belum bisa berkomentar panjang lebar tentang masalah buku ajar Kurikulum 2006.

“Kami masih dalam proses identifikasi permasalahan penerapan kurikulum lama. Untuk pengadaan buku masih akan dikomunikasikan lebih lanjut,” kata dia.

Disdikpora Gunungkidul memiliki catatan kurang baik terhadap pengadaan buku. Sebab, pada 2010 dan 2011 mereka gagal melakukan lelang pengadaan buku.

“Angka pastinya saya agak lupa, tapi jumlahnya mencapai puluhan miliar rupiah,” kata Bahron lagi.

Sedangkan untuk tahun ini, Disdikpora menyiapkan anggaran Rp2,8 miliar untuk pengadaan buku ajar Kurikulum 2013. Namun, dia juga belum bisa memastikan apakah anggaran tersebut bisa digunakan untuk pengadaan buku ajar tahun 2006.

“Saya belum tahu, daripada menyalahi aturan mending menunggu petunjuk teknis lebih lanjut,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya