SOLOPOS.COM - BELAJAR TEMATIK

Kurikulum 2013 di Kulonprogo aru diterapkan di 20 sekolah

Harianjogja.com, KULONPROGO-Sebanyak 25% sekolah di setiap jenjang SD hingga SMA/SMK sederajat di Kulonprogo akan menerapkan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2016/2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Kulonprogo masih fokus mempersiapkan sekolah-sekolah yang telah ditunjuk sebagai penyelenggara kurikulum itu.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Dindik Kulonprogo, Sumarsana mengatakan, saat ini sudah ada 20 sekolah yang menerapkan kurikulum 2013. Jika dibandingkan dengan total sekolah swasta dan negeri yang lebih dari 450 unit, capaiannya baru mencapai sekitar 4%.

Sesuai arahan pemerintah pusat, angka tersebut akan ditambah hingga mencapai 25% pada tahun ajaran baru mendatang. “Kami sudah memetakan sekolah mana saja yang menyusul menggunakan kurikulum 2013,” ungkap Sumarsana, Minggu (29/5/2016).

Berdasarkan data yang tercantum pada laman resmi Dindik Kulonprogo, jumlah sekolah di Kulonprogo diketahui mencapai 369 SD/MI, 78 SMP/MTs, dan 57 SMA/SMK/MA. Sumarsana menyatakan, target 25 persen bakal diterapkan pada setiap jenjang. Namun, dia mengaku tidak hapal mengenai angka rinciannya.

“Bulan-bulan ini kami sedang fokus memastikan kesiapan sekolah-sekolah yang telah ditunjuk,” ujar dia kemudian.

Revisi muatan kurilukum 2013 telah selesai dilakukan pemerintah pusat. Selanjutnya, semua sekolah akan diminta menerapkan kurikulum itu secara bertahap hingga 2020 nanti. Sumarsana lalu mengatakan, Pemkab Kulonprogo juga harus siap untuk menjalankan kebijakan itu.

Dia berharap penerapan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2016/2017 berlangsung lancar dan bisa mendukung rekomendasi penambahan jumlah sekolah penyelenggara di tahap berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya