SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 24 sekolah di Karanganyar mulai jenjang SD hingga SMA sederajat menerapkan kurikulum 2013. Sementara buku paket penunjang kurikulum 2013 telah diberikan ke setiap sekolah.

Sekretaris Disdikpora Karanganyar, Agus Hariyanto, mengatakan sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 terdiri atas 18 SD, tiga SMP dan tiga SMA. Kurikulum 2013 telah diterapkan mulai Senin (15/7/2013) lalu di sekolah tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sudah diterapkan kurikulum 2013 di sekolah tersebut mulai Senin lalu,” katanya saat ditemui Solopos.com di kantornya, Rabu (17/7/2013).

Pihaknya telah menerima buku paket penunjang kurikulum 2013 sebagai bahan utama penerapan kurikulum 2013. Buku tersebut telah disalurkan ke 24 sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 tersebut.

Menurutnya, terdapat perbedaan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum lama antara lain metode pembelajaran. Selain itu, penerapan kurikulum 2013 di SD difokuskan tematik dengan metode pembelajaran yang juga berbeda.

“Metode pembelajarannya berbeda begitu juga dengan bobot mata pelajaran. Makanya seluruh guru sekolah wajib mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) kurikulum 2013,” jelasnya.

Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Karanganyar untuk menerbitkan surat keputusan (SK) mengajar untuk para guru di 24 sekolah tersebut. Ditargetkan, seluruh sekolah baik negeri maupun swasta di Karanganyar dapat menerapkan kurikulum 2013.

Kabid Pendidikan Menengah Disdikpora Karanganyar, Heru Sugiatmo, mengatakan pihaknya belum mengetahui apakah sekolah terkendala menerapkan kurikulum 2013 tersebut. Sebab, kurikulum 2013 baru dilaksanakan selama tiga hari. Menurutnya, para guru telah mengikuti diklat sehingga dapat menerapkan metode pembelajaran baru.

Rencananya, seluruh guru akan mengikuti diklat kurikulum 2013 pada awal 2014. Diklat wajib diikuti oleh para guru agar memahami metode dan cara menerapkan kurikulum 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya