SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Madrasah dan guru agama di bawah pembinaan Kementerian Agama (Kemenag) secara serentak pada 2014 akan menerapkan Kurikulum 2013. Langkah awal yang dilakukan dengan penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui workshop dan Training Of Trainer (TOT).

Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis), Sunarno, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (11/10/2013), mengatakan penerapan kurikulum 2013 oleh guru pendidikan agama Islam beberapa mengikuti sekolah sasaran.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Beberapa guru sudah ada yang mengikuti TOT dari Kemendikbud, tetapi implementasi kurikulum 2013 untuk kemenag baru dimulai pada 2014 nanti.

“Dalam waktu dekat akan ada workshop implementasi kurikulum 2013 untuk guru di Solo dan Semarang. Setiap kota memiliki kuota by name by address,” ujar dia.

Ia mengungkapkan, ada dua kuota yakni kuota sasaran utama dan kuota sasaran pengembangan. Kuota sasaran utama Solo  masing-masing seorang guru di 12 SD, 6 SMP, 6 SMA, dan 9 SMK.

Sementara kuota sasaran pengembangan yakni 110 guru agama Islam SD, 75 SMP, 40 SMA, dan 60  SMK.
Jumlah tersebut menyesuaikan anggaran yang dimiliki kemenag, lebih lanjut, guru agama yang belum tersentuh akan disentuh dengan memanfaatkan forum guru seperti Kelompok Kerja Guru Pelajaran Agama Islam (KKG PAI) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI).

“Workshop itu untuk rangsangan saja, nantinya KKG PAI dan MGMP PAI dioptimalkan dengan model peer teaching [tutor sebaya],” tandasnya.

Ikhwal penerapan kurikulum 2013 di madrasah, penyiapan dilakukan oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jawa Tengah yang langsung menyasar pada beberapa madrasah. Salah satunya, MAN 2 Solo.

Kepala MAN 2 Solo, Agus Hadi Susanto, saat ditemui Solopos.com di kantornya, mengatakan penyiapan implementasi kurikulum 2013 dilakukan dengan penyiapan SDM melalui workshop. Sedikitnya tiga kali workshop implementasi kurikulum 2013 telah digelar dengan mengundang kepala MA, MTS, dan MI baik negeri maupun swasta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya