SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Kurban merupakan ibadah sunah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam yang mampu. Mayoritas ulama fikih menjelaskan, menyembelih hewan kurban di Hari Raya Iduladha dan hari tasyrik (tiga hari setelah Iduladha) merupakan sarana mendekatkan diri kepada Tuhan.

Umat Islam diberikan pilihan untuk melakukan ibadah kurban. Yakni dengan menyembelih hewan ternak berupa kambing, sapi atau unta. Adapun ketentuannya seekor kambing sah dikurbankan atas nama satu orang. Sementara sapi dan kambing boleh dipakai untuk berkurban secara berkelompok untuk tujuh orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lantas, tahukah Anda mana yang lebih utama antara berkurban sapi secara patungan atau kambing seorang diri? Dikutip dari situs Nu.or.id, Kamis (8/8/2019), mayoritas ulama memaparkan urutan keutamaan binatang yang dikurbankan adalah unta, sapi, domba, kambing kacang, kurban unta kolektif, serta sapi kolektif.

Tolok ukur daftar di atas adalah kuantitas daging. Jadi, wajar jika kurban unta sendirian lebih utama ketimbang sapi, begitu seterusnya. Sementara pertimbangan kedua mengacu pada sisi kualitas daging. Itulah sebabnya berkurban domba lebih utama ketimbang kambing kacang.

Selanjutnya, pertimbangan yang tidak kalah penting adalah cara berkurban. Apakah sendirian atau berkelompok cukup menentukan. Berkurban secara pribadi lebih baik ketimbang kolektif. Bahkan, aspek ini paling diutamakan ketimbang dua di atas, yakni kuantitas dan kualitas daging hewan.

Jadi, berkurban seekor kambing secara pribadi lebih baik daripada kurban unta atau sapi secara kolektif. Meski kuantitas daging kambing jauh di bawah unta dan sapi. Sebab, pahala dan keberkahan tetesan darah hewan kurban didapatkan secara pribadi. Tidak dibagi dengan orang lain yang berkurban secara kolektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya