SOLOPOS.COM - Ilustrasi driver Gojek. (Istimewa/Gojek)

Solopos.com, JAKARTA — Gojek, aplikasi ride hailing atau ojek online milik PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) akan mengurangi promo meski bisa berdampak kehilangan jumlah konsumen.

Head of Regions and External Affairs Gede Manggala menjelaskan saat ini pihaknya sudah mulai mengurangi promo. Meskipun begitu perusahaaan bernuansa hijau ini optimistis memiliki basis konsumen yang loyal.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

“Ada konsumen yang loyal, mau ada promo maupun tidak akan tetap setia. Hal ini inilah yang akan kami jaga. Loyality konsumen ini,” ujar pria yang akrab dipangil Bli Gede padat kunjungan media di kantor Bisnis Indonesia, Selasa (21/3/2023).

Dia menjelaskan saat ini Gojek fokus pada efisiensi dan inovasi. Dari sisi inovasi, Gojek sudah mempunyai teknologi machine learning untuk memberikan rekomendasi makanan dan strategi promosi tepat sasaran di GoFood, perluasan akses untuk memesan GoFood (Go Food di Tokopedia, web ordering), Jadwal GoFood, hingga fitur GoSend untuk estimasi ongkir lebih cepat, dan draf order serta penjadwalan pesanan GoBox. Sementara itu, dari segi efisiensi, Gojek saat ini sudah melakukan penghematan dari berbagai lini.

“Contohnya, tidak semua kota membutuhkan kantor Gojek. Ini sendiri bentuk efisiensi,” jelas Gede kepada Bisnis.

Dia pun menekankan Gojek akan fokus berinvestasi kepada konsemen yang high quality dengan cara memberikan beberapa layanan yang dinilai dibutuhkan di pasar. Salah satunya GoTransit, layanan ini dinilai memberikan keuntungan bagi konsumen yang melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi umum dan GoRide atau GoCar.

“Biasanya untuk first mile-nya [konsumen pakai] GoRide dilanjuti dengan transportasi umum,” jelasnya.

Saat ini pun layanan GoTransit sudah mengcakup KRL Jogja – Solo. Gojek pun mengklaim adanya kenaikan 3 kali lipat transaksi GoTransit sejak diluncurkan hingga akhir 2022.

Sebelumnya Gojek juga mengatakan satu pengembangan pelayanan Gojek saat ini adalah alokasi prioritas untuk pengguna GoCar atau GoRide.

Menjelang Ramadan, Gojek tetap akan menyebarkan beberapa diskon atau promo menarik menyambut datangnya bulan puasa dan Lebaran.

Head of Corporate Affairs Product Communications Gojek Rosel Lavina mengatakan menjelang Ramadan, pihak Gojek sudah menyiapkan beberapa promo dan diskon bagi pelanggan bernama Solusi Hemat dan Cermat di layanan Go Ride dan Go Food.

Dari sisi GoFood, Gojek sudah menyiapkan mode hemat, yaitu memberi promo untuk pengantaran makanan yang berada di bawah radius 2 kilometer km.

“Gojek akan mematok harga pengiriman di kisaran Rp2.000 sampai Rp5.000 untuk konsumen. Adapun, harga ini sesuai dengan daerah tempat pemesanan,” ujar Rosel.

Gojek juga menyiapkan beberapa promo untuk layanan GoCar dan GoRide selama Ramadan. Gojek melihat adanya perubahan yang lebih dominan pada 2023 ini karena melandainya pandemi Covid-19.

Gojek juga memberikan Solusi Cermat, yaitu Gojek akan menampilkan rekomendasi-rekomendasi yang akan memudahkan konsumen selama Ramadan ini.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya