SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Kekurangan vitamin A diduga kuat menjadi salah satu penyebab terjadinya mola hidatidosa atau biasa dikenal sebagai hamil anggur. Pulihnya kadar vitamin A akan menyebabkan penderita hamil anggur terhindar dari kanker dan memulihkan kesehatan sehingga peluang kehamilan lebih besar.

Demikian dikatakan Prof Dr dr Andrijono, Sp OG, dalam pidato pengukuhannya sebagai guru besar tetap dalam obstetri dan ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Sabtu (5/6) di Jakarta.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Menurut Andrijono, di Indonesia peristiwa hamil anggur berkisar antara 1 dan 40-400 kehamilan. Hamil anggur sendiri lebih banyak terjadi pada perempuan di Asia dan Amerika dibanding di negara Eropa. Hal ini terjadi karena umumnya hamil anggur diderita oleh perempuan yang masih muda dan kehamilannya merupakan yang pertama.

Ekspedisi Mudik 2024

Penyebab hamil anggur sendiri masih misteri. “Belum ada penyebab pastinya, semua teori-teori belum dapat dibuktikan. Baru faktor kekurangan vitamin A ini yang terbukti,” katanya.

Dalam penelitiannya diketahui bahwa risiko seorang perempuan mengalami hamil anggur 6,8 kali lebih besar jika kadar vitamin dalam darahnya kurang. Risiko itu akan meningkat bila kehamilannya tersebut adalah kehamilan pertama.

“Pemberian vitamin A pada biakan sel-sel hamil anggur terbukti dapat meningkatkan kematian sel hamil anggur,” papar dokter yang saat ini menjabat sebagai konsultan onkologi ginekologi FKUI.

Hasil penelitian juga menunjukkan vitamin A akan meningkatkan proses kesembuhan dan mencegah terjadinya kanker yang disebabkan sel hamil anggur yang tumbuh berlebihan. Manfaat lain adalah memperbaiki fungsi hati karena defisiensi vitamin A bisa menyebabkan kelainan fungsi hati.

“Pencegahan ini sangat berarti karena relatif murah, murah dan sangat efektif,” kata Andrijono. Selain itu, vitamin A yang cukup juga akan menurunkan angka kegagalan fungsi reproduksi.

kompas.com/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya