SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI- Ujian ulang kompetensi untuk guru bersertifikasi akan digelar Sabtu 30 Juli 2012. Ujian ulang itu untuk mengetahui sejauh mana kompetensi guru yang telah bersertifikasi. Sebab, saat ini banyak guru bersertifikasi yang dinilai kurang profesional dalam bekerja dan menggunakan tunjangan sertifikasi untuk memenuhi kebutuhan selain di bidang pendidikan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Siswanto, saat ditemui wartawan di DPRD Wonogiri. “Ujian ulang kompetensi itu juga merujuk pada instruksi dari pemerintah pusat (Kementerian Pendidikan Nasional) dengan mengadakan ujian ulang pada semua guru di Indonesia. Saat ini, kami baru menerima jadwalnya tetapi lokasi ujian belum ditentukan,” katanya.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ia menambahkan, panitia ujian ulang tersebut langsung dari pemerintah pusat. Rencananya, ujian itu digelar secara serentak dalam satu hari layaknya ujian sertifikasi sebelumnya. “Ada sekitar 3.000 orang guru bersertifikasi di Kabupaten Wonogiri yang akan mengikuti ujian ulang tersebut. Mereka adalah guru dari semua tingkat pendidikan yakni SD, SMP dan SMA,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga terus mengamati kinerja guru dan menerima masukan dari masyarakat. Ia juga tetap menekankan profesionalitas bagi guru yang sudah bersertifikasi terutama perilaku dalam pembelajaran di kelas.

Terpisah, Sekretaris Dewan Pendidikan Wonogiri, Tulus Premana Edi, mendukung adanya uji ulang  kompetensi tersebut. Menurutnya, saat ini guru yang bersertifikasi mayoritas tidak profesional. Sebab, tunjangan yang seharusnya mendukung untuk sarana dan prasarana dalam mengajar malah digunakan untuk kebutuhan pribadi salah satunya membeli mobil baru.

“Saya berharap ujian ulang kompetensi itu bisa menyeleksi guru yang betul-betul profesional di bidangnya sehingga layak mendapat sertifikasi,” ujarnya, Rabu (27/6).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya