SOLOPOS.COM - Wabup Karanganyar, Rober Christanto (kiri), secara simbolis menyerahkan hadiah kepada pelajar pemenang Lomba Krenova 2022 di aula kantor Baperlitbang setempat pada Kamis (6/10/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mendorong pemenang lomba kreatif dan inovatif (krenova) mematenkan hasil karya mereka. Caranya dengan  mendaftarkan ke Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) untuk mendapatkan hak kekayaan intelektual (HAKI).

Pemkab Karanganyar  tak ingin lagi hasil karya warga di Bumi Intanpari dipatenkan oleh daerah lain. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto, didampingi Kepala Baperlitbang, Dwi Cahyono, seusai menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba Krenova Karanganyar pada Kamis (5/10/2022). Rober menerima laporan salah satu inovasi karya warganya keduluan didaftarkan ke Kemenkum HAM oleg daerah lain.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ada pemenang krenova Karanganyar ternyata kedahuluan didaftarkan HAKI oleh daerah lain. Pemenang krenova tidak bisa berbuat apa-apa karena memang produknya sama,” kata dia.

Ia meminta pemenang kali ini segera mendaftarkan ke Kemenkum HAM agar terpatenkan hasil karyanya. Menurutnya hasil krenova warga Karanganyar sangat kompetitif. Ia pun bangga dengan hasil karya warga Karanganyar tersebut.

Baca Juga: Inovasi Baru dari Sragen, Pasta Kapur Pengganti Malam Batik

Karya inovatif itu ada yang berupa kompor ventur yang sangat berguna untuk chef hotel maupun restoran. Sistem yang digunakan cukup sederhana yakni dengan menggunakan sistem karburator  sehingga api lebih besar nyalanya.

“Kreativitas warga Karanganyar sangat membanggakan,” tuturnya.

Kepala Baperlitbang Karanganyar Dwi Cahyono mengatakan lomba Krenova tahun ini diikuti 60 peserta dengan 61 karya. Perinciannya 34 peserta dari masyarakat umum dan 26 karya pelajar. Baperlitbang bergerak cepat membantu proses pendaftaran HAKI ke Kemenkum HAM.

“Kita fasilitasi ke sana. Kami juga memberikan sosialisasi pentingnya HAKI,” katanya.

Elang Lawu

Salah satu pemenang Lomba Krenova 2022 untuk kategori pelajar adalah Rizki Bima Damar Saputra, siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Darul Arqom. Ia menciptakan sistem pelacak kendaraan bermotor dengan memanfaatkan sinyal ponsel pintar. Hasil karya ini ia namakan Elang Lawu singkatan dari Electric Emergency Lock Automatic Navigation Guard.

Baca Juga: Juara Lomba Krenova 2022 akan Diseleksi Lagi untuk Mendapat Pendanaan

Elang Lawu tersebut bisa mematikan mesin kendaraan bermotor secara otomatis saat penggunanya menyalakan dari jarak jauh. Ini sangat efektif mendeteksi lokasi kendaraan bermotor yang dicuri kemudian mematikan mesinnya.

“Alat ini bisa membuat pencuri kebingungan dan menyalakannya lagi akan susah,” katanya.

Ide karya tersebut muncul karena ia gemar mengutak-atik ponsel. Di mana fungsi ponsel dalam memancarkan sinyal lokasi dapat diakses via internet. Dari kemampuan ponsel pintar itu, ia mengintegrasi perangkat relay pada unit kontrol.

Cara mendeteksi lokasi tak perlu memakai aplikasi tambahan. Namun cukup dengan web browser saja di layanan Google. Perangkat terkoneksi kedua dapat dengan ponsel pintar maupun komputer jinjing. Ia memilih laptop karena lebih fleksibel.

Guru pembimbing, Giri Suratno, mengatakan hak kekayaan intelektual Elang Lawu akan dipatenkan. Sistem ini menjadi alternatif cara mendeteksi kendaraan bermotor curian sekaligus menghentikan laju kendaraan.

Baca Juga: Puluhan Inventor dari Subosukowonosraten Pamerkan Produk di Lomba Krenova 2022

Mengutip karanganyarkab.go.id, juara I Lomba Krenova kategori pelajar dimenangi Nashir dari SMK 2 Penda Karanganyar dengan karya Gazebo Pengendali Pertanian. Untuk juara I kategori umum dimenangi Sutarman, Agung Kristiawan, Verra Murtiastuti, Tri Muhammad Yahya dari Kecamatan Ngargoyoso. Mereka membuat karya Inovasi Mesin Pengubah Papan menjadi Uang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya