Kurang Gesit, Hasil Krenova Karanganyar Dipatenkan Daerah Lain

Wabup Karanganyar mendorong pemenang Lomba Krenova untuk segera mendaftarkan karya mereka ke Kemenkum HAM untuk mendapatkan hak atas kekayaan intelektual (HAKI) sebelum kecolongan.

 Wabup Karanganyar, Rober Christanto (kiri), secara simbolis menyerahkan hadiah kepada pelajar pemenang Lomba Krenova 2022 di aula kantor Baperlitbang setempat pada Kamis (6/10/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

SOLOPOS.COM - Wabup Karanganyar, Rober Christanto (kiri), secara simbolis menyerahkan hadiah kepada pelajar pemenang Lomba Krenova 2022 di aula kantor Baperlitbang setempat pada Kamis (6/10/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mendorong pemenang lomba kreatif dan inovatif (krenova) mematenkan hasil karya mereka. Caranya dengan  mendaftarkan ke Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) untuk mendapatkan hak kekayaan intelektual (HAKI).

Pemkab Karanganyar  tak ingin lagi hasil karya warga di Bumi Intanpari dipatenkan oleh daerah lain. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto, didampingi Kepala Baperlitbang, Dwi Cahyono, seusai menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba Krenova Karanganyar pada Kamis (5/10/2022). Rober menerima laporan salah satu inovasi karya warganya keduluan didaftarkan ke Kemenkum HAM oleg daerah lain.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

“Ada pemenang krenova Karanganyar ternyata kedahuluan didaftarkan HAKI oleh daerah lain. Pemenang krenova tidak bisa berbuat apa-apa karena memang produknya sama,” kata dia.

Ia meminta pemenang kali ini segera mendaftarkan ke Kemenkum HAM agar terpatenkan hasil karyanya. Menurutnya hasil krenova warga Karanganyar sangat kompetitif. Ia pun bangga dengan hasil karya warga Karanganyar tersebut.

Baca Juga: Inovasi Baru dari Sragen, Pasta Kapur Pengganti Malam Batik

Karya inovatif itu ada yang berupa kompor ventur yang sangat berguna untuk chef hotel maupun restoran. Sistem yang digunakan cukup sederhana yakni dengan menggunakan sistem karburator  sehingga api lebih besar nyalanya.

“Kreativitas warga Karanganyar sangat membanggakan,” tuturnya.

Kepala Baperlitbang Karanganyar Dwi Cahyono mengatakan lomba Krenova tahun ini diikuti 60 peserta dengan 61 karya. Perinciannya 34 peserta dari masyarakat umum dan 26 karya pelajar. Baperlitbang bergerak cepat membantu proses pendaftaran HAKI ke Kemenkum HAM.

“Kita fasilitasi ke sana. Kami juga memberikan sosialisasi pentingnya HAKI,” katanya.

Elang Lawu

Salah satu pemenang Lomba Krenova 2022 untuk kategori pelajar adalah Rizki Bima Damar Saputra, siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Darul Arqom. Ia menciptakan sistem pelacak kendaraan bermotor dengan memanfaatkan sinyal ponsel pintar. Hasil karya ini ia namakan Elang Lawu singkatan dari Electric Emergency Lock Automatic Navigation Guard.

Baca Juga: Juara Lomba Krenova 2022 akan Diseleksi Lagi untuk Mendapat Pendanaan

Elang Lawu tersebut bisa mematikan mesin kendaraan bermotor secara otomatis saat penggunanya menyalakan dari jarak jauh. Ini sangat efektif mendeteksi lokasi kendaraan bermotor yang dicuri kemudian mematikan mesinnya.

“Alat ini bisa membuat pencuri kebingungan dan menyalakannya lagi akan susah,” katanya.

Ide karya tersebut muncul karena ia gemar mengutak-atik ponsel. Di mana fungsi ponsel dalam memancarkan sinyal lokasi dapat diakses via internet. Dari kemampuan ponsel pintar itu, ia mengintegrasi perangkat relay pada unit kontrol.

Cara mendeteksi lokasi tak perlu memakai aplikasi tambahan. Namun cukup dengan web browser saja di layanan Google. Perangkat terkoneksi kedua dapat dengan ponsel pintar maupun komputer jinjing. Ia memilih laptop karena lebih fleksibel.

Guru pembimbing, Giri Suratno, mengatakan hak kekayaan intelektual Elang Lawu akan dipatenkan. Sistem ini menjadi alternatif cara mendeteksi kendaraan bermotor curian sekaligus menghentikan laju kendaraan.

Baca Juga: Puluhan Inventor dari Subosukowonosraten Pamerkan Produk di Lomba Krenova 2022

Mengutip karanganyarkab.go.id, juara I Lomba Krenova kategori pelajar dimenangi Nashir dari SMK 2 Penda Karanganyar dengan karya Gazebo Pengendali Pertanian. Untuk juara I kategori umum dimenangi Sutarman, Agung Kristiawan, Verra Murtiastuti, Tri Muhammad Yahya dari Kecamatan Ngargoyoso. Mereka membuat karya Inovasi Mesin Pengubah Papan menjadi Uang.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Syiar Kedamaian, Komunitas Ini Bagikan Ratusan Kaus dan Bunga di Solo Baru

      Community Masyarakat Solo Cinta Damai melakukan aksi sosial membagi ratusan kaus, bunga, dan stiker, di traffict light kawasan The Park Mall Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Jumat (9/12/2022).

      Selamat! Gerakan Literasi Sukoharjo Tembus Top 45 Kompetisi Inovasi Nasional

      Inovasi gerakan literasi Sukoharjo (Gelis) yang diinisiasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo mendapatkan penghargaan bergengsi Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP).

      Di Dayu Karanganyar, Jejak Sungai Besar Purba Ditemukan

      Di Desa Dayu, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menyimpan jejak sungai besar purba yang terekam dalam salah satu lapisan tanahnya.

      Sejumlah Plafon Pasar Ir. Soekarno Sukoharjo Jebol, Perbaikan Dianggarkan 2023

      Sejumlah atap plafon di Pasar Ir. Soekarno Sukoharjo jebol. Sementara pemerintah menganggarkan perbaikan pada 2023.

      Buruh Sukoharjo Minta Para Pengusaha Jalankan Struktur Skala Upah

      Ketua Asosiasi Serikat Buruh Sukoharjo dan Ketua Partai Buruh Sukoharjo, minta pengusaha menjalankan skala upah.

      Profil Taufik M Widodo, MC Acara Ngunduh Mantu Nikahan Kaesang-Erina di Solo

      Taufik M Widodo yang merupakan penyiar senior RRI Solo didapuk menjadi master of ceremony atau MC pada rangkaian acara ngunduh mantu nikahan Kaesang-Erina.

      Pengumuman! Pilkades Serentak 67 Desa di Klaten Paling Cepat Digelar Juli 2023

      Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Klaten pada 2023 direncanakan digelar antara Juli-Agustus 2023.

      Arus Lalu Lintas Solo akan Dipantau Drone Polri saat Nikahan Kaesang-Erina

      Polda Jateng mengerahkan drone untuk memantau situasi arus lalu lintas di Solo saat acara nikahan Kaesang-Erina, sekaligus penindakan pelanggaran dengan sistem ETLE.

      Ada Alpukat Jumbo di Lereng Merapi Klaten, Harganya Sempat Tembus Rp40.000/Kg

      Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang merintis kampung alpukat.

      Akhirnya, BLT Sapu Jagat Karanganyar Tahap I Rp1,353 Miliar Cair

      Pemkab Karanganyar akhirnya mencairkan BLT Sapu Jagat untuk ratusan penerima. Mereka menjanjikan ada penyaluran BLT tahap kedua sebelum akhir tahun dengan sasaran yang berbeda.

      Sah! Pasangan Penghayat Kepercayaan Ini Resmi Menikah di Jatisrono Wonogiri

      Hujan deras membalut suasana sakral perkawinan Nanda Linduarda, 23 dan Iqas Cahyaning Suwartini, 20, di Sanggar Candi Busana, Desa Gunungsari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Selasa (6/12/2022).

      Bocah Balita Telantar di Sragen Dapat Tawaran Bantuan Operasi Bibir Sumbing

      Anak balita yang ditemukan telantar di bawah overpass tol Sragen-Ngawi di Ngrampal, Sragen kini masih dirawat di RSUD Sragen. Ada sejumlah yayasan yang menawarkan bantuan operasi bibir sumbung si anak.

      Pemkab Sragen Kini Punya Aplikasi yang Bisa Awasi Hibah untuk Tempat Ibadah

      Bagian Kesra Setda Sragen kini memiliki aplikasi yang bisa memantau dan mengevaluasi penyaluran bantuan hibau untuk tempat ibadah. Namanya Sinapati Plus.

      Dijual Rp9.500/Kg, 3,5 Ton Beras di Pasar Murah Tasikmadu Ludes dalam 1 Jam

      Dispertan PP Karanganyar untuk kali ketiga menggelar pasar murah sejumlah kebutuhan pokok. Kali ini digelar di Kantor Kecamatan Tasikmadu.

      Ketika Spanduk Bergambar Ganjar Pranowo Mendadak Bertebaran di Jalan Solo-Jogja

      Satpol PP dan Damkar Klaten mencopoti ratusan spanduk dan banner liar yang bertebaran di sepanjang ruas jalan raya Solo-Jogja.