Kurang dari 24 Jam Hasil Tes Swab Keluar, Satu Penumpang Bus di Wonogiri Positif Covid-19
Salah satu penumpang kedatangan dari wilayah Jabodetabek saat menjalani tes swab di Terminal Giri Adipura Wonogiri, Kamis (15/10/2020). (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com,WONOGIRI -- Hasil tes swab penumpang yang datang di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri pada Kamis (15/10) lalu telah keluar. Satu penumpang dari Jakarta dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Pasien perempuan itu berinisial N, 52, itu beralamat di Kecamatan Batuwarno, Wonogiri. Kini ia menjalani isolasi mandiri di rumah karena termasuk orang tanpa gejala (OTG).

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Wonogiri melaksanakan tes swab di Terminal Wonogiri dengan sasaran para penumpang kedatangan dan kru bus. Terutama dari wilayah Jabodetabek.

Tiba di Terminal Wonogiri, Penumpang Bus dari Jabodetabek Langsung Tes Swab

Dalam pelaksanaannya, Pemkab Wonogiri bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Tes swab menggunakan mobil PCR keliling atau Fast Laboratorium Mobile Combat RT PCR.

Keterangan lebih lengkap disampaikan Plt Bupati Wonogiri, Edy Santosa. Ia mengatakan ada 209 penumpang yang mengikuti tes swab pada Kamis kemarin. Mereka dipilih secara acak. Dari jumlah itu, satu orang positif Covid-19. Sehingga angka positive rate-nya 0,47%.

Karena masuk kategori OTG, menurut dia, pasien menjalani isolasi mandiri. "Saat ini tengah proses tracing di tempat tinggal korban. Edukasi kepada keluarga dan tetangga sekitar juga dilakukan," kata dia kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (16/10).

Pilkada Wonogiri: 520 APK Tak Resmi Bergambar Paslon Dikukut

Menurut Edy, saat melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Wonogiri, pasien ditemani suaminya. Namun berdasarkan hasil pemeriksaan tes swab, suami N dinyatakan negatif Covid-19. "Saat di Jakarta, N dan suaminya itu tempa kerjanya berbeda. Dimungkinkan ia tertular bukan saat melakukan perjalanan pulang. Namun saat di Jakarta," ungkap dia.

Hasil Tes Cepat Keluar

Selain itu, lanjut dia, penumpang yang satu bus dengan N, beserta kru bus juga dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan tes swab. Hasil tes swab para penumpang keluar pada Kamis malam atau hanya beberapa jam dari tes dilakukan mulai pukul 13.30 WIB. "Ini cukup cepat untuk mengetahui hasilnya. Sebanyak 209 sempel tidak membutuhkan waktu satu hari. Karena dalam mobil itu juga langsung ada laboratoriumnya," ujar dia.

Kecepatan keluarnya hasil uji swab, menurut Edy, akan sangat efektif dalam menekan angka Covid-19. Sebagian besar kasus Covid-19 di Wonogiri pada akhir-kahir ini didominasi oleh klaster perjalanan. Pihaknya pun akan mempertimbangkan kembali pelaksanaan swab di terminal yang menyasar kepada penumpang kedatangan.

Kandang di Tirtomoyo Wonogiri Kobong, 3 Kambing Mati Gosong

"Akan kami pertimbangkan lagi untuk mendatangkan mobil swab keliling di terminal, karena cukup efektif. Kami juga berpesan kepada seluruh penumpang, meski dinyatakan negatif harus selalu menerapkan protokol kesehatan," kata Edy.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom