KUPI II di Jateng Resmi Dimulai, Ini Rangkaian Acaranya

Kongres Ulama Perempuan Indonesia atau KUPI II resmi digelar di Kabupaten Jepara, Jateng, mulai 24-26 November 2022.

 Suasana halaqah yang digelar saat Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II di Jepara, Kamis (24/11/2022). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Suasana halaqah yang digelar saat Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II di Jepara, Kamis (24/11/2022). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, JEPARA — Kongres Ulama Perempuan Indonesia atau KUPI II yang digelar di Jawa Tengah (Jateng), resmi dimulai. Kongres yang mempertemukan para ulama dari berbagai Tanah Air dan perwakilan dari 31 negara itu digelar di Pondok Pesantren (PP) Hasyim Asy;ari, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Kamis-Sabtu (24-26/11/2022).

Sederet acara dan pembahasan dengan topik menarik pun digelar dalam acara ini. Pertama acara dimulai dengan sesi halaqah pada pukul 09.00-12.00 WIB. Ketua Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi, tampil pertama sebagai pembicara bersama anggota Dewan Pers sekaligus anggota Majelis Musyawarah KUPI, Ninik Rahayu, Prof Mufidah Cholil, dan Pendeta Obertina M. Johanis.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Setelah itu acara dilanjutkan dengan diskusi yang menghadirkan Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat, sebagai pembicara. Dalam acara bertajuk Temu Tokoh Agama dan Meneguhkan Peran Ulaam Perempuan Memperkuat Kebangsaan itu turuh dihadirkan juga Ketua Majelis Musyawarah KUPI, Nyai Badriah Fahyumi, mantan Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin, serta Wakil Ketua DPRD Jepara, Nurudin Amin.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang diisi Pengasuh Ponpes Hasyim Asy’ari sekaligus Staf Ahli Kemenaker, Hindun Annisah, yang membahas tentang RUU Perlindungan PRT.

“Kita berharap adanya dukungan dari KUPI menjadi semakin meluas dan menambah desakan bahwa memang para PRT yang didominasi perempuan selama ini termarjimalkan dari berbagai aspek. Sehingga perlu mendapat pengakuan, perlindungan resmi dari undang-undang,” kata Koordinator Jala PRT, Lita Anggraini, yang turut hadir dalam KUPI II di Jepara, Kamis (24/11/2022).

Baca juga: Kongres Ulama Perempuan Indonesia Resmi Dibuka di Semarang

Lita menjelaskan, semua agama di muka bumi telah mengajarkan untuk memberikan perlakuan yang manusiawi kepada sesama. Jika nantinya RUU PPRT disahkan, diharapkan bisa mewujudkan dalam implementasi undang-undang dan negara bisa hadir untuk memberikan aturan yang manusiawi.

“Dan itu ditekankan dalam agama,” jelas dia.

Lita juga menilai PRT merupakan pekerjaan yang membawa dampak krusial bagi seluruh lapisan ekonomi masyarakat. Pasalnya, keberadaan seorang PRT bisa membuat jutaan warga Indonesia mampu beraktivitas normal dengan beban yang berkurang di dalam rumah tangga.

Baca juga: Jelang Kongres, Ulama Perempuan dari 31 Negara Temui Gubernur Ganjar

Kendati demikian, kejadian yang muncul selama ini banyak PRT yang mengalami kondisi potret yang buram. Bahkan, minimnya kontrol dari penegak hukum membuat kasus yang menimpa pada PRT menjadi luput dari perhatian.

Ia pun menyebutkan selama lima tahun terakhir telah terjadi 2.637 kasus kekerasan terhadap PRT di Indonesia. Bahkan sepanjang tahun 2022 ini telah ditemukan 421 kasus kekerasan terhadap PRT.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Sudah Ditetapkan! Ini Daftar UMK 2023 pada 35 Kabupaten/Kota di Jateng

      Berikut daftar lengkap besaran UMK 2023 pada 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng).

      Belasan Sesar Aktif Penyebab Gempa Melintang di Jawa Tengah

      Seluruh wilayah di Jawa Tengah berpotensi terjadi gempa, lantaran terdapat 13 sesar aktif yang bisa memunculkan gempa daratan.

      Dinusfest 2023 bakal Digelar Luring, Hadiah Beasiswa Kuliah di Udinus Menanti

      Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berencana kembali menggelar Dinusfest secara luring pada awal 2023 nanti.

      UKSW Komitmen Natal 1 Hati: Kasih Sejati Lupakan Perbedaan!

      Pekan pertama kerja di lingkungan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dibuka dengan kegiatan Ibadah Natal

      Tuntut UMK 10%, Buruh dari 35 Kabupaten/Kota Serbu Kantor Gubernur Jateng

      Demo buruh Jateng yang tergabung dalam FSPIP Kasbi mewarnai saat-saat menjelang pengumuman penetapan UMK Jateng 2023.

      Imbas Bom Bunuh Diri di Bandung, Polres Semarang Perketat Penjagaan

      Polres Semarang memperketat penjagaan ke kantornya pasca-peristiwa bom bunuh diri di Polsek Asta Anyar, Bandung.

      Lantik Kepala LPM, Rektor UKSW Targetkan Akreditasi Unggul

      Kesuksesan UKSW saat ini juga tak lepas salah satunya karena kerja keras tim LPM dari masa ke masa.

      Warga Salatiga Pilih Berburu STB Setelah 5 Hari Tak Bisa Nonton Sinetron

      Sebagian warga Salatiga berburu STB setelah ASO pada 3 Desember 2022 dan menyebabkan kehilangan tontonan sinetron dan siaran langsung Piala Dunia 2022.

      Siap untuk Nataru, Tol Semarang-Demak Seksi II Dibuka Lagi Tanggal 15 Desember

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memastikan Tol Semarang-Demak Seksi II akan siap dilalui saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru.

      Sosok John Kusuma, Crazy Rich Pewaris Pabrik Rokok Kudus dengan Harta Rp2,1 T

      Satu lagi orang kaya atau yang populer disebut crazy rich dari keluarga pengusaha industri rokok di Kudus, yakni John Kusuma.

      Peduli Sesama, Siswa MI Nurul Islam Batur 02 Getasan Semarang Galang Dana

      Donasi yang terkumpul nantinya dihitung oleh pihak sekolah. Kemudian secara langsung juga akan di serahkan kepada korban bencana Gempa Cianjur.

      2 Daerah di Salatiga Rawan Kekeringan, Ini Penyebabnya

      Dua wilayah di Salatiga menjadi daerah rawan kekeringan karena geografis daerah.

      Pohon Tumbang dan Tumpahan Solar Dominasi Bencana Salatiga pada 2022

      Pohon tumbang dan tumpahan solar di jalanan Salatiga mendominasi bencana yang terjadi di Salatiga hingga September 2022.

      Bawa Harum Nama Daerah, Wing Chun Jateng Mengharap Perhatian Gubernur

      Atlet wing chun asal Jawa Tengah (Jateng) baru saja menorehkan prestasi membanggakan dengan merebut dua medali emas dan dua perunggu dalam kejuaraan nasional.

      Kekerasan Seksual di Jateng Meningkat pada 2022, Mayoritas Berbasis Siber

      LBH Semarang mencatat kasus kekerasan seksual terhadap perempuan di Jateng alami peningkatan sepanjang 2022.