Kupas Tuntas Tema Populer Kesehatan dari Studio RS JIH Solo

RS JIH Solo membangun studio khusus untuk talkshow edukasi membahas tema-tema kesehatan dengan dokter-dokter ahli.

 Situasi talkshow live kesehatan dengan tema Kenapa Assesment Pendengaran Bayi dan Anak Penting gelaran RS JIH Solo, Jumat (24/9/2021) siang. (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Situasi talkshow live kesehatan dengan tema Kenapa Assesment Pendengaran Bayi dan Anak Penting gelaran RS JIH Solo, Jumat (24/9/2021) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — RS (Rumah Sakit) JIH Solo yang beralamat di Jl Adi Sucipto Nomor 118 Laweyan, Solo, sejak Maret 2021 lalu merintis program edukasi kesehatan memanfaatkan platform media sosial.

Hal itu berangkat dari kondisi pandemi Covid-19 yang melanda negeri selama setahun lebih tujuh bulan dan telah banyak mengubah kehidupan masyarakat.

Tidak terkecuali aktivitas masyarakat dalam hal mendapatkan informasi kesehatan. Pembatasan mobilitas masyarakat membuat pertemuan-pertemuan langsung guna membahas kesehatan digantikan dengan pertemuan secara online atau dalam jaringan.

Baca Juga: Ditunjuk Terapkan PeduliLindungi, 600-An Pekerja Pasar Klewer Solo Malah Belum Divaksin Covid-19

Lorong lantai VII Gedung RS JIH Solo pun disulap menjadi studio yang dilengkapi perangkat elektronik untuk siaran langsung talkshow kesehatan. Secara bergiliran, dokter-dokter di RS itu menjadi pembicara talkshow sesuai tema.

Di studio berukuran lumayan besar itu tersedia seperangkat meja dan kursi untuk host dan narasumber. Kemudian di depannya ada satu monitor besar yang berfungsi sebagai panduan informasi bagi host dan narasumber saat talkshow.

Dua lampu penerangan khusus di pasang di samping monitor itu. Tak ketinggalan terdapat satu meja kontrol yang dilengkapi dengan tiga monitor. Sementara di sisi belakang ada seperangkat meja kursi dan mikrofon khusus program Podcast.

Baca Juga: Perjuangkan Nasib Petani, Mahasiswa Soloraya Unjuk Rasa di Ngarsopuro Solo

“Itu untuk Podcast. Dalam waktu dekat kami akan launching program baru Podcast, masih dengan tema kesehatan,” ujar Direktur Operasional dan Keuangan RS JIH Solo, Mochamad Isfaq Rochman, saat diwawancarai Solopos.com, Jumat (24/9/2021).

Komitmen Mengedukasi Masyarakat

Ia mengatakan RS JIH Solo sangat serius dengan program edukasi kesehatan menggunakan platform digital. Selain untuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, juga terkait kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda.

“Alat-alat yang ada di studio memang khusus kami beli untuk mendukung program talkshow kesehatan dan Podcast yang segera kami luncurkan. Ini bentuk komitmen kita ikut mengedukasi masyarakat tentang kesehatan,” urainya.

Baca Juga: Psywar ke AHHA PS Pati Berlanjut, Gibran: Sponsor Persis Solo Lebih Banyak sampai Jersey-ne Kebak

Ihwal talkshow yang selama ini berjalan, menurut Isfaq, disiarkan secara live di Instagram dan Youtube RS JIH Solo saban Jumat mulai pukul 14.00 WIB. Talkshow membahas berbagai tema kesehatan yang sedang viral di Internet.

Sejak diluncurkan Maret 2021, lanjut Isfaq, semakin banyak netizen yang aktif memantau talkshow RS JIH Solo. “Paling banyak penontonnya ibu-ibu usia 20 tahun ke atas. Tema yang disukai tentang kandungan dan anak,” katanya.

Tapi Isfaq menyatakan tema yang dibahas tidak hanya kesehatan fisik. Kesehatan mental atau psikis anak juga sering dibahas. “Dulu saat ramai fenomena ghosting kami bahas dari aspek dampaknya bagi kesehatan psikis,” sambungnya.

Berita Terkini

Potret Beragam Fasilitas Keren di RS JIH Solo

RS JIH Solo memiliki kenyamanan yang khas.

Ini Cara Perawatan Kaki Diabetes

Kaki diabetes merupakan gangguan pada kaki yang muncul akibat komplikasi penyakit diabetes atau kencing manis.

Kupas Tuntas Tema Populer Kesehatan dari Studio RS JIH Solo

RS JIH Solo membangun studio khusus untuk talkshow edukasi membahas tema-tema kesehatan dengan dokter-dokter ahli.

HUT ke-2, RS JIH Solo Luncurkan Layanan Kesehatan Hi Doctor Care

Layanan Hi Doctor Care tersebut merupakan solusi dan menjawab keinginan Sahabat RS JIH Solo untuk mengakses layanan kesehatan.

Mengungkap Ragam dan Cara Penanganan Pilek

Penyakit pilek adalah salah satu penyakit yang populer di masyarakat. Bahkan mungkin setiap orang pernah mengalaminya. Namun jangan meremehkannya.

Jangan Tunggu Sampai Parah, Ini Cara Mengatasi Wasir

Penderita wasir atau ambeien biasanya datang ke rumah sakit untuk meminta penanganan ketika kondisinya sudah dalam stadium lanjut/parah.

Amankah ke Dokter Gigi di Masa Pandemi?

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, jumlah pasien gigi yang berkunjung klinik maupun ke rumah sakit mengalami penurunan. Jika terjadi masalah yang tidak bisa ditunda, dokter gigi di klinik atau rumah sakit tetap memberikan pelayanan.

Kabar Gembira, Bakal Gratis Operasi Bibir Sumbing di JIH Solo

Rumah Sakit JIH Solo bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan asal Amerika yang khusus membiayai pasien bibir sumbing dan atau kelainan langit-langit.

Mengenal Diabetic Foot Atau Kaki Diabetes dan Pencegahannya

Diabetic foot adalah semua gangguan pada kaki yang muncul akibat komplikasi penyakit diabetes atau kencing manis.

Pahami Penggunaan Gawai Demi Kesehatan Mata

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) menambah frekuensi penggunaan gawai pada peserta didik meningkat, bahkan berlebih. Hal ini bisa berdampak bagi kesehatan mata.

Agar Asma Tak Kambuh Saat Pandemi, Begini Caranya

Selama pandemi sebagian pasien merasa takut datang ke rumah sakit, sehingga asma mereka tidak terkontrol.

Wajib Tahu, Ini Gejala Sakit Hernia

Heria atau tedun adalah tonjolan organ tubuh lewat bukaan yang abnormal/otot atau jaringan tubuh yang lemah.

Keunggulan Operasi Laporoskopi, Pasien Cepat Sembuh dan Minimal Pendarahan

Keuntungan menjalani operasi laparoskopi pendarahan minimal, rasa nyeri lebih kecil, proses pemulihan cepat, dan mengurangi perlengketan bedah dibandingkan dengan operasi konvensional

Jangan Risau Saat Temukan Benjolan Pada Payudara

Benjolan pada payudara bisa muncul karena menstruasi. Kalau dua kali siklus menstruasi ada benjolan segera periksa ke dokter

Tak Perlu Galau Kalau Ada Benjolan di Payudara

Kasus kanker payudara merupakan jenis kanker tertinggi yang dialami oleh perempuan dengan deteksi dini secara mandiri demi mendeteksi banjelolan payudara.

Tak Kunjung Punya Anak Apakah Berarti Mandul? 

Mandul pada laki-laki adalah jika ia tidak dapat menghasilkan sperma, sedangkan pada perempuan jika ia tidak bisa menghasilkan sel telur.

Menstruasi Menunjukkan Organ Reproduksi Berfungsi

Gangguan haid atau menstruasi pada wanita cukup beragam, di antaranya adalah siklus yang tidak teratur atau berdurasi lama.

Milad ke-1, RS JIH Solo Luncurkan Klinik Tumbuh Kembang Anak

Rumah Sakit (RS) JIH Solo merayakan hari ulang tahun (HUT) pertama dengan meresmikan Klinik Tumbuh Kembang Anak di Lantai Ketujuh RS JIH Solo, Jl. Adi Sucipto No.118, Solo,

Jangan Terlambat! Deteksi Dini Bisa Cegah Anak Telat Bicara

Khawatir dengan perkembangan kemampuan bicara sang buah hati? Lakukan deteksi dini dan ketahui apa saja penyebab anak telat bicara berikut ini.

Hati-hati! Perkembangan Anak yang Sebenarnya Normal Bisa Terlambat karena Ini

Simak penjelasan salah satu dokter spesialis anak di Solo tentang beberapa penyebab gangguan tumbuh kembang buah hati berikut ini.

Hadapi New Normal, The Sunan Hotel Solo Bikin Pelatihan Bareng RS JIH

Menyonsong era kenormalan baru, The Sunan Hotel Solo terus meningkatkan pelayanan sesuai dengan protokol Covid 19.

Mulai Layani Pasien, Ini Daftar Tarif Rawat Inap dan Fasilitas RS JIH Solo

RS JIH Solo membagi layanan menjadi beberapa kelas dengan tarif dan fasilitas berbeda.