Kategori: Solo

KUOTA HAJI BERKURANG : 128 Jemaah Calon Haji Kota Solo Batal Berangkat


Solopos.com/ Guruh Cahyono/JIBI/Solopos
Ilustrasi haji (Dok/Solopos)

Solopos.com, SOLO -- Sebanyak 128 jemaah calon haji asal Kota Solo diperkirakan batal berangkat haji tahun ini. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Perjalanan Ibadah Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solo, Rosyid Ali kepada Solopos.com, Rabu (3/7/2013).

“Kami sudah ada gambaran jumlah jemaah calon haji yang batal berangkat, ada 128 orang. Acuannya adalah nomor urut pemberangkatan,” ungkapnya.

Rosyid menambahkan, kebijakan tersebut telah disampaikan oleh menteri agama beberapa waktu lalu. Terkait dengan nama-nama calon, lanjut dia, akan diumumkan secara resmi beberapa hari kedepan.

“Nanti akan kami undang para calon jemaah yang batal berangkat tahun ini. Untuk nama-nama juga akan kami umumkan setelah pertemuan dengan mereka,” imbuhnya.

Kementerian Agama RI sebenarnya telah mengambil kebijakan penundaan keberangkatan bagi para jemaah calon haji berusia lanjut dengan alasan keamanan. Namun, terang Rosyid,kebijakan dirubah karena pihak Pemerintah Arab Saudi telah menyiapkan jalur khusus bagi jemaah lanjut usia.

Rosyid menjelaskan, total jumlah jemaah calon haji asal Solo yang seharusnya berangkat tahun ini sebanyak 685 orang. Karena adanya pengurangan kuota 20 persen, maka menjadi 557 orang.

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Mufid Aryono