SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibadah haji (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Kuota haji di Jawa Tengah akan dikembalikan sebanyak 29.000 orang,

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Kuota jamaah haji Jawa Tengah (Jateng) yang beberapa tahun sempat berkurang, mulai 2016 akan dikembalikan lagi 100% menjadi sekitar 29.000 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Jateng Ahmadi mengatakan sudah mendapat informasi dari Kementerian Agama pusat kalau pemerintah kerajaan Arab Saudi akan mengembalikan kuota jemaah haji Indonesia pada 2016.

“Pada ibadah haji 2016 kuota calon jemaah haji Jateng kembali 100 persen yakni sekitar 29.000 orang,” katanya di Semarang, Kamis (23/7/2015).

Kuota jemaah haji Jateng sejak 2013 dikurangi sebesar 20% sehingga menjadi 23.000. Pengurangan kuota menyusul kebijakan pemerintah kerajaan Arab Saudi mengurangi kuota jamaah haji Indonesia sebesar 20%.
Adanya pengurangan kuota ini, lanjut Ahmadi menyebabkan daftar tunggu calon jamaah haji di Jateng sampai 19 tahun mendatang.

“Daftar tunggu calon jamaah haji saat ini sudah sampai 2034,” ujarnya.

Bila nantinya kuota haji Jateng telah kembali 100% sambung Ahmadi dapat mengurangi daftar tunggu yang cukup panjang tersebut.

”Mudah-mudahan tidak ada perubahan sehingga daftar tunggu bisa berkurang,” harapnya.

Salah seorang calon haji asal Semarang, Siti Haryuningsih merasa senang bila nantinya kuota haji Jateng dikembalikan 100%.

“Pastinya senang karena menunggunya biar tidak terlalu lama,” kata dia masuk daftar tunggu berangkat ibadah haji pada 2021.

Ahmadi lebih lanjut menyatakan terkait persiapan ibadah haji 2015 mengungkapkan sebagian besar calon jamaah haji sudah melunasi pembayaran biaya perjalanan ibadah haji (BPIH).

Menurut dia, pada saat pelunasan BPIH I pada 30 Juni 2015 ada sebanyak 862 orang calon jamaah haji Jateng yang belum melunasi, sedang pada pelunasan tahap II pada 13 Juli tinggal 230 orang.

“Sisa 230 orang yang belum melunasi itu akan diganti jamaah yang masuk daftar cadangan pemberangkatan sesuai dengan nomor urut daftar tunggu,” ungkapnya.

Calon jemaah haji asal Jateng, imbuh Ahmadi mulai 20 Agustus mendatang mulai masuk asrama haji Donohudan, Boyolali dan pemberangkatan pada 21 Agustus.

Secara admisitrasi, ujar dia, pembuatan paspor haji untuk 19.000 calon jamaah haji sudah selesai, sisanya masih dalam proses. “Kami mengimbau para calon jamaah haji agar menjaga kondisi kesehatan dan meningkatkan pengetahuan tentang ibadah haji,” harap dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya