SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita berjerawat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kunyit dikenal sebagai bumbu dapur yang dapat menambah cita rasa dan warna pada masakan. Bukan hanya sebagai bumbu dapur, ternyata kunyit dapat digunakan sebagai pengobatan jerawat.

Senyawa polifenol dan antioksidan pada kunyit dapat membantu mengatasi peradangan, salah satunya jerawat. Kunyit memiliki efek terapi pada kulit Anda, baik diminum secara langsung atau dioleskan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kunyit memiliki sifat antibakteri. Antibakteri inilah yang dapat menghambat bakteri penyebab jerawat. Dalam sebuah penelitian, kunyit dapat menghambat pertumbuhan Propionibacterium acne, yakni bakteri penyebab jerawat.

Kemarau, Petani Ikan di Waduk Mulur Sukoharjo Panen Lebih Awal

Kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi atau anti-peradangan, yang dapat membantu mengurangi peradangan jerawat dan jenis peradangan lainya. Selain itu, krim yang memngandung ekstrak kunyit membantu meningkatkan hiperpigmentasi.

Oleh karena itu kunyit dapat membantu memudarkan bekas hitam jerawat yang membandel. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperoeh manfaat kunyit sebagai obat jerawat yang dikutip dari Stylecraze, Sabtu (15/8/2020):

Kunyit & Madu

Dalam suatu penelitian, menyebut madu dapat menghambat pertumbuhan Propionibacterium acne dan Staphylococcus aureus. Campuran madu dengan kunyit dapat membantu menghilangkan bakteri jerawat.

Ambil satu sendok teh kunyit. Tambahkan setengah sendok teh madu, lalu oleskan masker ke seluruh wajah. Biarkan selama 10-12 menit. Setelah itu, bilas dengan air.

Lidah Buaya & Kunyit

Lidah buaya dapat membantu menyembuhkan jerawat lebih cepat. Kombinasi lidah buaya dan kunyit dapat menyembuhkan dan menjaga kesehatan kulit sehingga bisa menjadi obat jerawat.

Nenek Khotimah Penjual Jajan Keliling Kena Tipu, Kasihan!

Ambil dua sendok lidah buaya, lalu tambahkan setengah sedok teh kunyit. Campur kedua bahan tersebut, lalu oleskan campuran tersebut di area berjerawat. Diamkan selama 10 menit.

Susu Kunyit

Selain dengan cara dioleskan ke kulit, kunyit juga dapat diminum langsung dengan susu. Caranya, ambil segelas susu hangat dan campurkan satu sendok teh kunyit ke dalamnya.

Aduk hingga rata sampai warna susu berubah menjadi kuning. Minum sekali sehari, sebaiknya minum sebelum tidur. Cara ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh dapat melawan infeksi bakteri, sehingga kunyit dapat juga menjadi obat jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya