Kunjungi Seniman Bantul, Rachmat Gobel Pesan 6 Robot dari Motor Rosok

Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel mengapresiasi usaha kreatif Eri Sudarmono, 42, warga Bantul yang menyulap motor tua menjadi replika robot.

 Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, (kiri) berfoto bersama Eri Sudarmono, 42, (kanan), dan replika robot hasil karya warga Bantul itu saat mengunjungi bengkel Er Studio Art beberapa waktu lalu.

SOLOPOS.COM - Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, (kiri) berfoto bersama Eri Sudarmono, 42, (kanan), dan replika robot hasil karya warga Bantul itu saat mengunjungi bengkel Er Studio Art beberapa waktu lalu.

Solopos.com, BANTUL — Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel atau bisa juga dipanggil RG mengapresiasi usaha kreatif Eri Sudarmono, 42, warga Padukuhan Kauman, Kalurahan Gilangharjo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Eri menyulap motor tua menjadi replika robot. Kedatangan Rachmat Gobel tersebut sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap usaha kreatif Eri tersebut.

Baca Juga : Libur Akhir Tahun Mau Ke Jogja? Ketahui Dulu 3 Lokasi Penyekatan Ini

Eri menyambut Rachmat Gobel dengan hangat saat tiba di rumah sekaligus menjadi workshop atau bengkel beberapa waktu lalu. Bengkel milik Eri bernama Er Studio Art.

RG pun langsung diperlihatkan sejumlah robot buatan Eri dan berfoto. “Saya sangat mengapreasiasi Pak Eri dan kawan-kawannya yang mempunyai ide-ide yang sangat brilian. Menyulap barang-barang rosok menjadi produk art atau seni yang tentunya memiliki nilai,” ujar RG seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Solopos.com, Sabtu (4/12/2021).

Menurut RG, apa yang dilakukan Eri bersama pegawainya perlu mendapat perhatian pemerintah, dalam hal ini perbankan. RG mencontohkan campur tangan perbankan melalui program kredit usaha rakyat (KUR).

Baca Juga : Greysia/Apriyani Kalah di Semifinal BWF World Tour Finals

Harapannya produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) milik Eri itu bisa lebih besar dan berkualitas. “Apa yang dilakukan Pak Eri ini bisa menjadi motivasi bagi para pengrajin-pengrajin lainnya dalam mengubah barang yang tadinya tidak dimanfaatkan menjadi barang yang memiliki value atau nilai,” tutur dia.

Pada kesempatan itu, RG tidak hanya mengunjungi. Dia juga memesan produk robot karya anak bangsa ini. RG melakukan itu sebagai bentuk dukungannya terhadap produk UMKM.

“Saya juga tadi sudah pesan 6 robot. Saya ingin mempromosikan karya-karya beliau sehingga bisa membuka mata bagi yang lain. Anak bangsa pun bisa,” kata RG.

Baca Juga : Cek Ya! Lihat Komet Leonard Selama Desember Ini Tanpa Bantuan Alat

Eri Sudarmono pernah mengenyam pendidikan di jurusan Seni Kriya Logam Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta tahun 1999. Eri bersama pegawainya mengubah motor bekas menjadi robot.

Produknya tersebut sudah diekspor sampai China dan Jerman. Harga replika robot buatan Eri bervariasi tergantung tingkat kesulitan dan detail. Harga satu unit Rp25 juta sampai Rp60 juta.

“Pembelinya masih didominasi dari luar negeri. Namun, sejak viral ini pembeli dari berbagai kota di Indonesia sudah mulai melirik. Seperti, Jakarta, Surabaya, hingga Sulawesi,” tutur Eri.

Berita Terkait

Espos Plus

Drone Makin Dibutuhkan, Pengembangan Teknologi Pesat

+ PLUS Drone Makin Dibutuhkan, Pengembangan Teknologi Pesat

Teknologi drone berkembang pesat. Kegunaan drone makin beragam di banyak sektor. Perusahaan-perusahaan drone mengembangkan pasar berbasis kebutuhan dan manfaat.

Berita Terkini

Pemkot Jogja Minta Warga Laporkan Parkir Nuthuk, Ini Reaksi Netizen

Pemkot Jogja dianggap tidak serius dalam menanggani permasalahan parkir nuthuk atau menerapkan tarif di luar kewajaran yang kembali viral di media sosial (medsos).

Geger! Mayat Bayi Terbungkus Plastik Hitam Ditemukan di Selokan Mataram

Warga Dusun Glondong, Kalurahan Tirtomartani, Kapanewon Kalasan, Sleman, digegerkan dengan penemuan mayat bayi yang terbungkus plastik berwarna hitam.

Hujan Deras Berjam-jam di Bantul, Pohon Roboh dan Tanggul Jebol

Belasan pohon di wilayah Bantul tumbang setelah diguyur hujan berjam-jam pada Rabu (19/1/2022).

Tren Covid-19 Mulai Naik Lagi, Sleman Tambah 7 Kasus

Terjadi penambahan tujuh kasus baru COvid-19 di Sleman. Selain itu masih ada dua kalurahan yang masuk zona merah.

Viral Tarif Parkir di Kota Jogja Nuthuk, Ini Pengakuan Pengelola Parkir

Tarif parkir bus wisata di Kota Jogja dianggap tidak wajar alias nuthuk viral di media sosial (medsos) setelah dikeluhkan seorang wisatawan.

Hujan Deras, 2 Rumah Warga Sleman Kebanjiran Luapan Sungai Perengan

Hujan deras yang mengguyur Sleman menyebabkan air Sungai Perengan meluap. Akibatnya, dua rumah warga kebanjiran.

Kredit Fiktif, Pincab Transvision Jogja Divonis 10 Tahun Penjara

Pimpinan Cabang Transvision Jogja, Klau Victor Apryanto, dijatuhi hukuman 10 tahun penjara atas kasus kredit fiktif di Bank Jogja yang menjeratnya.

Tarif Parkir Nuthuk Rp350.000 di Jogja, Polisi: Hasil Mark Up Kru Bus

Aparat Polresta Jogja mengklaim telah mengungkap kasus tarif parkir nuthuk bus wisata di Kota Jogja yang baru-baru ini viral di media sosial (medsos).

+ PLUS Penataan Malioboro dan PKL di Ruang Sarat Konflik Kepentingan

Penataan Malioboro dan rencana pemindahan para pedagan kaki lima adalah wujud konflik kepentingan di ruang besar Malioboro pada era kiwari. Sejarah Malioboro adalah sejarah tentang konflik kepentingan.

Viral Parkir Nuthuk Rp350.000, Ini Daftar Tarif Resmi Parkir di Jogja

Penerapan tarif parkir di atas kewajaran atau nuthuk kembali terjadi di Kota Jogja.

Cek! Bantul Mulai Terapkan Harga Baru Minyak Goreng Rp14.000 per Liter

Pemkab Bantul mengecek toko berjejaring sudah menerapkan harga baru minyak goreng Rp14.000 per liter, tetapi pedagang pasar tradisional malah belum.

Waduh! Parkir 1,5 Jam, Wisatawan di Jogja Disuruh Bayar Rp350.000

Aksi parkir nuthuk atau menerapkan tarif di atas rata-rata kembali terjadi di kawasan wisata Kota Jogja.

Pekan Ini, Vaksin Booster di Jogja Mulai Sasar Guru dan ASN

Mulai Jumat pekan ini, Pemkot Jogja mulai menyasar para ASN dan guru untuk disuntik vaksin booster.

Waspada! Kasus DBD di Kulonprogo Diprediksi Melonjak, Ini Penyebabnya

Kasus demam berdarah dengue atau DBD di Kabupaten Kulonprogo diprediksi mengalami lonjakan pada tahun 2022 ini.

Program Kotaku Sulap Bantaran Sungai di Giwangan Jogja Semakin Menawan

Warga Kampung Ngaglik, Giwangan, Umbulharjo, Kota Jogja berhasil melalui Program Kota Tanpa Kumuh menyulap bantaran sungai yang awalnya kumuh kini layak jadi objek wisata.