Kunjungi Rutan Banjarnegara, Bupati Budhi Makan Bareng Napi dan Kasih Motivasi

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, berbagi kebahagiaan dan motivasi dengan para napi di Rutan Kelas II Banjarnegara.

 Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, melakukan kunjungan ke Rutan Kelas II Banjarnegara, Sabtu (31/7/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, melakukan kunjungan ke Rutan Kelas II Banjarnegara, Sabtu (31/7/2021). (Istimewa)

Solopos.com BANJARNEGARA – Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, melakukan kunjungan ke Rutan Kelas II Banjarnegara, Sabtu (31/7/2021). Kunjungan tersebut untuk berbagi kebahagiaan dengan makan bersama para warga binaan alias narapidana. Kesempatan itu dimanfaatkan juga oleh Bupati untuk memberikan motivasi para warga binaan.

Dalam kunungan itu, Bupati Budhi didampingi Kajari Banjarnegara, Sigid J Pribadi;  Anggota DPRD, Zarkasy; dan Kalakhar BPBD, Aris Sudaryanto. Ada Juga Ketua KONI Nurrohman al Ahong dan Kodim 0704/Banjarnegara.

“Saya dengan Pak Kajari dan teman-teman semua ini kesini sengaja membuat acara ‘turing’ dan ‘swap’ ke teman-teman di sini,” ujar bupati dengan canda khasnya, dalam keterangan tertulis, Rabu (4/8/2021).

Baca Juga: Polda Jateng Canangkan Vaksinasi Merdeka Candi, Ini Targetnya

‘Turing” yang dimaksud bupati yakni “ngaturi yang kering” alias membawa logistik makan, vitamin, dan rokok. Sedang “swap” tentu saja bukan swab Covid-19, melainkan “suap” makanan.

“Sebenarnya saya ingin sekali menyuapi makan salah satu warga binaan, namun karena pandemi tidak saya lakukan lagi. Mari kita jaga prokes,” kata Budhi yang dua tahun sebelumnya masih suka menyuapi makan salah satu warga binaan.

Ujian

Pada kesempatan tersebut, bupati mengajak para napi untuk bersyukur atas napas yang masih diberi sampai hari ini dan yakin bahwa segala kebaikan dan keburukan adalah ujian. Setiap yang mampu bersyukur, maka akan ditambah nikmatnya. Setiap yang mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian, maka akan menjadi lebih bijaksana.

Baca Juga: Ketimbang Jakarta, 3 Daerah di Jateng Ini Diprediksi Lebih Cepat Tenggelam

“Saya punya perasaan sama seperti kalian, Itulah kenapa saya sering berkunjung ke mari karena pernah merasakan juga seperti kalian. Saya pernah ada di tempat ini, itu kamar nomor sembilan. Tapi yang sudah ya sudah, kubur hal yang buruk. Masa depan kalian masih panjang. Sayang diri, sayangi keluarga, semoga pada saatnya dapat kembali kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya,” ajaknya.

Kajari Pamit

Momen tersebut juga dimanfaatkan oleh Kajari  Sigid J Pribadi untuk pamitan kepada keluarga besar Rutan Banjarnegara. Sigid segera mengemban jabatan baru di Kalimantan.

“Terima kasih atas do’a, semoga panjenengan sekeluarga juga senantiasa diberikan kesehatan dan kesejahteraan. Saya atas nama pribadi dan kedinasan mohon maaf dan mohon pamit untuk mengemban tugas di tempat yang baru,” ucapnya penuh haru.

Perwakilan dari Rutan Banjarnegara, Sahlan, menyampaikan terima kasih kepada Bupati beserta rombongan dari Kejaksaan, Kodim, dan Polres Banjarnegara, yang selalu peduli dengan warga binaan di Rutan Banjarnegara.

“Semua ini merupakan pembinaan dan kepedulian sehingga rutan Banjarnegara lebih baik. Tanpa kepedulian dari bapak-bapak semua penegak hukum dari pemerintah daerah, hal tersebut tidak akan berhasil. Maka dari itu sekali lagi saya sampaikan terima kasih,” ungkapnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan senam dan makan bersama. Bupati, Kajari, Ketua Komisi IV DPRD, Ketua KONI, berbaur dengan warga binaan, namun tetap menjaga protokol kesehatan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kebangeten! Baru Tiga Bulan Menjabat Sudah Korupsi, Dana Bencana Lagi....

Andi Merya bersama Kepala BPBD Koltim, Anzarullah pada Maret/Agustus 2021 menyusun proposal dana rehabilitasi, rekonstruksi pascabencana.

Pengamat Nilai Langkah PSI Menyerang Anies Baswedan Naif

Semua tokoh siapapun dia tidak hanya Anies ada plus dan minusnya.

Gilaa...Jadi Lahan Korupsi Alex Noerdin Cs., Masjid Sriwijaya Tak Selesai Dibangun

Alex Noerdin disebut menerima aliran dana Rp2,4 miliar terkait proyek pembangunan masjid.

Terlalu! Alex Noerdin Juga Jadi Tersangka Korupsi Dana Hibah Masjid

Alex Noerdin disebut menerima aliran dana Rp2,4 miliar terkait proyek pembangunan Masjid Raya Sriwijaya Palembang.

Update Covid-19 Hari Ini: Kasus Positif 2.720, Jatim Masih Terbanyak

Jawa Timur menyumbang kasus terbanyak pada hari ini yaitu 295 kasus.

Luhut Ingin Bagikan Uang Denda Rp100 Miliar dari Aktivis untuk Papua

Semestinya Luhut cukup menyampaikan klarifikasi atas penyampaian riset yang dilakukan Haris Azhar dan Fatia.

Jokowi Ingatkan Vaksinasi dan Prokes Jadi Kunci Pengendalian Covid-19

Presiden Jokowi mengatakan fokus pemerintah dalam  penanganan pandemi Covid-19 yaitu  percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan.

3 Menteri Teken SKB, Ini Daftar Hari Libur Nasional 2022

Muhadjir Effendy menuturkan penetapan libur nasional dan cuti bersama tetap berdasarkan perkembangan pandemi Covid-19.

Emerson Yuntho Keluhkan Pungli di Samsat, Mahfud Md: Konkret Saja, Sebut!

Menko Pohukam Mahfud Md minta Emerson Yuntho untuk menyebut nama samsat yang masih melakukan praktik pungli agar bisa ditindak.

Tahun Depan Tak Ada Lagi BST Rp300.000/Bulan Lur

Mensos Tri Rismaharini mengisyaratkan tak akan ada lagi bantuan sosial tunai (BST) pada tahun depan.

Posko PPKM Desa Kunci Pelihara Disiplin Prokes

Kesadaran memelihara disiplin protokol kesehatan perlu partisipasi masyarakat dan peran posko PPKM di desa/kelurahan. Penurunan kasus yang terjadi beberapa pekan terakhir diyakini sebagai hasil kerja kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mulai dari darurat hingga level 1-4.

Luhut Juga Gugat Haris Azhar dan Fatia Rp100 Miliar, Pengacara: Tidak Bermartabat!

Selain melaporkan ke polisi, Luhut Pandjaitan juga mengugat perdata Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti senilai Rp100 miliar.

Nyalakan Lampu, Kaki Remaja Ini Tiba-Tiba Sakit, Ternyata Ada Peluru Nancap

Seorang siswi SMK di Palangkaraya tertembak paha kanannya akibat peluru nyasar. Diduga ada oknum anggota kepolisian yang lalai sehingga menyebabkan remaja 16 tahun itu tertembak.

Diperiksa 10 Jam, Irjen Napoleon Langsung Diisolasi Penyidik Bareskrim

Irjen Napoleon Bonaparte diisolasi penyidik Bareskrim Polri setelah dituduh melakukan penganiayaan terhadap Muhammad Kece.

Laporkan Sendiri Haris Azhar dan Fatia, Luhut Datangi Polda Metro Jaya

Luhut Binsar Pandjaitan datang langsung ke Polda Metro Jaya untuk melaporkan dugaan fitnah yang dilakukan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti.

KSP Moeldoko Tolak Pembubaran KASN, Ini Alasannya

Moeldoko mengatakan peran Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) masih sangat dibutuhkan untuk fungsi pengawasan ASN.