SOLOPOS.COM - Ilustrasi telur ayam. (Freepik)

Solopos.com, SURABAYA — Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat ini mengaku fokus mengupayakan stabilitas harga telur dan tepung terigu sekaligus mencari penyebab kenaikannya.

“Tepung terigu mudah-mudahan bulan September nanti harganya turun,” ujarnya di sela memantau harga bahan kebutuhan pokok di Pasar Dukuh Kupang Surabaya, Minggu (14/8/2022) seperti dilansir Antaranews.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pantauan harga dari Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) Jawa Timur, harga tepung terigu saat ini mencapai Rp11.000 hingga Rp12.000 per kg.

Sebelumnya, harga tepung terigu di pasaran berkisar antara Rp9.000 hingga Rp10.500. Selain tepung terigu, harga telur ayam saat ini mencapai Rp27.000 hingga Rp30.000 atau naik dari harga normal sekitar Rp20.000.

Ekspedisi Mudik 2024

Mendag yang melakukan pantauan di berbagai pasar tradisional juga menyampaikan bahwa tinggal harga telur ayam yang sampai sekarang masih tinggi.

“Untuk kenaikan harga telur ayam masih saya cek dan diupayakan segera kembali stabil,” kata Zulhas, sapaan akrabnya.

Baca Juga: Harga Mi Instan Disebut akan Naik, Bagaimana Nasib Warmindo?

Sementara itu, saat mengunjungi Pasar Tradisional Dukuh Kupang Surabaya ia menyatakan bahan-bahan kebutuhan pokok lainnya telah stabil.

“Semisal daging sapi, saat awal saya jadi menteri pada pertengahan Juni harganya Rp155.000 per kilogram. Kini telah kembali ke harga normal Rp120.000 per kilogram,” ucapnya.

Begitu pula daging ayam, setelah sebelumnya naik Rp52.000 per kilogram, kini kembali normal Rp31.000. Selain itu bawang merah, dari sebelumnya Rp80.000 per kilogram, kini turun menjadi Rp28.000.

Mendag Zulhas menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo telah sukses melobi agar pintu impor kembali dibuka dari Ukraina setelah sempat terhenti akibat perang dengan Rusia.

Baca Juga: Unik dan Lezat, Yuk Cicipi Keripik Pisang Batik dari Sragen

Pada kesempatan pantauan di Pasar Dukuh Kupang, Mendag Zulhas menyempatkan berdialog dengan sejumlah pedagang setempat.

Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut berkomitmen untuk terus menstabilkan harga bahan-bahan pokok.

Sejak dilantik menjadi Mendag pertengahan Juni lalu, Zulhas sudah dua kali berkunjung dan memantau kondisi harga-harga bahan pokok di Surabaya, yaitu Pasar Wonokromo dan Pasar Dukuh Kupang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya