Kunjungi Pabrik Adidas, Wagub Klaim 39 Perusahaan Minati Kawasan Industri Brebes
Ilustrasi industri alas kaki. (Antara)

Solopos.com, SEMARANG — Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin mengklaim 39 perusahaan yang bergerak di berbagai sektor usaha mendaftar sebagai penghuni Kawasan Industri Brebes (KIB). Puluhan industri berskala nasional dan internasional tersebut tertarik mendirikan pabrik karena menganggap Brebes sebagai daerah strategis dan memiliki beragam potensi.

Menurut Yasin, Pemprov Jateng siap menfasilitasi kebutuhan investor dan pemkab, sehingga pelaksanaan pembangunan industri di KIB berjalan cepat. Pembangunan KIB, menurutnya, merupakan amanat Presiden Joko Widodo.

“Keberadaan Kawasan Industri Brebes sebagai proyek strategis nasional ini diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat, membuka lapangan kerja, menyerap tenaga kerja terutama warga Brebes dan sekitarnya, serta pemberdayakan lainnya,” katanya.

Menurut Jokowi, masih sebagaimana diutarakan Yasin, menjadikan Brebes sebagai kawasan industri baru yang akan mendorong tumbuhnya investasi dan pertumbuhan ekonomi. Sekaligus, imbuhnya, sekaligus diharapkan mampu mengurangi kemiskinan.

“Sampai November 2019, jumlah perusahaan yang sudah masuk daftar tercatat 39. Kami akan terus mendorong percepatan pembangunan KIB supaya dapat menarik investor sebanyak-banyaknya,” tuturnya dalam siaran pers yang dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Kota Semarang, Rabu (27/11/2019).

Taj Yasin yang berkeliling di lokasi KIB juga menyempatkan diri mengunjungi PT Bintang Indokarya Gemilang. Perusahaan yang memproduksi sepatu dengan merek Adidas itu telah beroperasi di Brebes sejak 2015, dengan jumlah karyawan mencapai 5.000 orang.

Sebanyak 60 persen karyawan merupakan warga Brebes dan sekitarnya, seperti dari Kabupaten Tegal dan Pemalang. Penetapan KIB menjadi peluang baru dan harus disikapi dengan berbagai langkah strategis, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Bupati Brebes Idza Priyanti, menjelaskan KIB merupakan proyek strategis nasional yang digadang-gadang mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi 7%. Selain KIB, dua proyek srategis nasinal lainnya yang berada di Jateng adalah pengembangan Kawasan Ekonomi Kendal dan Kawasan Strategis Nasional (KSPN) Borobudur.

“Penyediaan lapangan pekerjaan melalui pembangunan kawasan industri dan kawasan peruntukan industri Brebes. Kawasan industri ini merupakan program strategis nasional yang akan menarik banyak investor, pertumbuhan sektor industri meningkat sehingga kesejahteraan rakyat kian membaik,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Bisnis


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho