SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, NGANJUK — Kalangan petani bawang merah di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, mendapat angin segar dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Menkominfo berjanji menyediakan aplikasi penjualan berbasis Android yang bisa diunduh melalui telepon seluler bagi mereka. “Aplikasi ini dijamin akan memberi keuntungan terhadap petani maupun konsumen,” kata Rudiantara di Nganjuk, Minggu (10/3/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia mengatakan aplikasi ini telah diterapkan oleh para petani bawang di Brebes, Jawa Tengah.

Ekspedisi Mudik 2024

“Melalui aplikasi ini para petani di Brebes bisa menjual bawang hasil taninya seharga Rp18.000 perkilogram. Sedangkan konsumen di Jakarta membelinya seharga Rp20.000 di pasar,” katanya.

Rudiantara menjelaskan aplikasi tersebut memangkas pembelian bawang oleh tengkulak kecil yang biasanya memborong dengan harga murah dari petani di desa, untuk kemudian dilempar lagi ke tengkulak lebih besar.

“Itulah kenapa harga bawang yang ditawarkan oleh tengkulak kepada petani di desa begitu rendah tapi sesampainya di kota harganya bisa menjadi dua hingga tiga kali lipatnya,” ujarnya.

Sebagai informasi, kehadiran Menkominfo Rudiantara di Nganjuk memenuhi ajakan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk menandatangani nota kesepahaman antihoaks yang dihadiri oleh ratusan ibu-ibu anggota Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) di Desa Gempol, Kecamatan Rejoso.

“Tadi Pak Menteri di sepanjang jalan ketika sudah memasuki wilayah Kabupten Nganjuk melihat di pinggir-pinggir jalan kok banyak bawang merah. Saya bilang Nganjuk ini salah satu penghasil bawang dan beliau tergerak untuk menyediakan aplikasi penjualan yang akan member manfaat bagi para petani,” kata Khofifah, yang juga Ketua Umum Muslimat NU.

Rudiantara sempat berdialog dengan ibu-ibu anggota Muslimat NU setempat yang berprofesi sebagai petani bawang merah. Diperoleh informasi mereka biasanya menjual ke tengkulak kecil seharga Rp10.000 perkilogram.

Namun, pasar-pasar tradisional Kota Surabaya harga bawang merah dalam dua hari terakhir berada di kisaran Rp25.000 perkilogram.

“Nanti setelah kami sediakan aplikasi penjualan ini para petani bisa menjual bawangnya sehargar Rp18.000 dan para konsumen di kota besar seperti Surabaya bisa membeli di pasar seharga Rp20.000. Dengan begitu kedua belah pihak bisa sama-sama mendapat keuntungan,” ujarnya. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya