Kunjungi Klaten, Ganjar Pranowo Janjikan Rp330 Miliar untuk Madrasah dan Pesantren

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KLATEN — Calon Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, berjanji akan memperhatikan keberadaan madrasah dan pondok pesantren jika menjabat gubernur untuk kali kedua. Ia menyiapkan anggaran Rp330 miliar untuk pengembangan madrasah dan pondok pesantren.

Ia menyebutkan anggaran itu dimaksudkan untuk pembangunan Jateng dengan religius yang tinggi. Hal itu sesuai dengan masukan dari para ulama agar pemerintah memperhatikan pendidikan keagamaan. “Kami hitung anggarannya kurang lebih Rp330 miliar,” kata dia, kepada wartawan seusai menghadiri deklarasi pemenangan Ganjar–Yasin di GOR Gelar Sena, Desa Jonggrangan, Klaten Utara, Klaten, Jawa Tengah, Minggu (1/4/2018).

Ganjar menerangkan Jateng juga diproyeksikan mengembangkan ekonomi kreatif khususnya bidang pariwisata. Ia mengaku terkesan dengan keberhasilan Bukit Cinta yang dikunjunginya Minggu pagi di Desa Gununggajah, Bayat, Klaten, Jateng. Bukit Cinta, saat sepi bisa meraup pendapatan Rp70 juta per bulan. Sedangkan, saat ramai, omzet bisa meningkat hingga ratusan juta rupiah.

“Pariwisata di Bukit Cinta menginspirasi dan bisa dikembangkan ke seluruh Jateng. Kita tinggal mengatur lanskap, akses pembiayaan, cara menjual, serta pembangunan industri kreatif yang bisa dikembangkan di desa. Mari kita ciptakan industri kreatif di tingkat lokal,” ujar dia.

Tak hanya itu, akses permodalan dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) akan diperluas. Di Jateng, KUR selama ini menerapkan suku bunga rendah yakni tujuh persen. Angka itu sejalan dengan program Joko Widodo yang berencana menurunkan suku bunga KUR dari sembilan persen menjadi tuju persen. Dengan begitu, usaha mikro, kecil, memengah bisa mengakses permodalan dengan gampang. “Kami dorong untuk dapatkan prioritas. Kemiskinan bisa diselesaikan dengan cara berdikari termasuk di tingkat pesantren, maka ekonomi pesantren ini yang kami kembangkan.”

Dalam sambutannya, Ganjar juga menjanjikan rehab bangunan GOR Gelar Sena yang rusak, membantu fasilitasi penataan Rowo Jombor, hingga mengentaskan masalah rumah tak layak huni (RTLH). Ganjar mendorong CSR dari perusahan dan para filantropis agar ikut serta dalam mengentaskan masalah RTLH.

Ia menyebut elektabilitas dirinya terus menanjak dan rata-rata berada di atas 50 persen. Soloraya dan Banyumas menunjukkan sinyal positif. “Mungkin Pantura yang agak dikencengi. Tapi bukan dengan Rp330 miliar. Itu untuk seluruh jawa tengah,” beber dia.

Salah satu sukarelawan pendukung Ganjar-Yasin, Jarot, berharap apa yang menjadi program Ganjar selama ini bisa dilanjutkan. Ganjar dinilai berhasil dalam mengentaskan pengangguran dan menciptakan lapangan kerja. Ganjar juga dinilai bagus dalam memangkas birokrasi yang berbelit khususnya menghilangkan praktik pungutan liar (pungli). “Kami optimistis Ganjar bisa menang lebih dari 75 persen di Klaten. Sebab, Ganjar didukung masyarakat kelas bawah,” beber pria warga Desa Sidorejo, Kemalang, Klaten.

 

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

IKM di Grobogan Didorong Meningkatkan Daya Saing

Pemkab Grobogan bersama anggota DPR RI menggandeng sejumlah perusahaan untuk sosialisasi agar IKM memiliki daya saing.

Kompolnas Desak Pengusutan Tuntas Kasus Napoleon Aniaya Muhammad Kece

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendesak kasus penganiayaan terhadap Muhammad Kece ini diusut tuntas.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Sagitarius Gampang Tergoda Penawaran Kerjasama

Ramalan zodiak hari ini menyebut seseorang bisa jadi datang ke rumah dan mampu membuat percaya Sagitarius untuk terlibat kerjasama.

Tanpa Ampun, Ajax Libas Tim Promosi Cambuur 9-0

Ajax memberondong tim promosi Liga Belanda Cambuur Leeuwarden dengan 9 gol tanpa balas dalam laga pekan kelima di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam.

Juergen Klopp Puji Sadio Mane Seusai Liverpool Libas Crystal Palace 3 Gol Tanpa Balas

Juergen Klopp menyanjung tinggi-tinggi Sadio Mane setelah Liverpool mengatasi Crystal Palace 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di Anfield, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Sudah Bikin 37 Buku Novel hingga Komik, Siswi MAN 1 Solo Ini Raih Penghargaan dari Gubernur DIY

Nadia Shafiana Rahma adalah salah satu cerpenis dan novelis dari MAPK dan Pondok Pesantren Hadil Iman MAN I Solo.

Petik Hasil Imbang Lawan Southampton, Guardiola Sebut Pemain City Punya Masalah Ini

Manchester City hanya memetik hasil imbang 0-0 saat menjamu Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Jelang PTM, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Madiun Ikuti Vaksinasi

Selain sebagai persiapan PTM, vaksinasi ini juga penting karena sebagai salah satu syarat seseorang mendapatkan pelayanan umum dan pelayanan transportasi publik.

Eks Napi Terorisme Desak Pembubaran BNPT

Para eks Napiter NKRI itu meyebut program BNPT pemberdayaan para alumni napiter yang sudah bebas tidak jelas.

Sepuluh Persen SMP di Bantul Jalani Uji Coba PTM

Senin Depan, sejumlah SMP sederajat di Bantul menjalani uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Rusak Gembok, Pasutri di Ponorogo Mencuri di Toko Dua Kali

Pasangan suami ini dua kali berturut-turut mencuri di sebuah Toko di Desa Brahu, Kecamatan Siman, Ponorogo.

500 KPM PKH di Karanganyar Diverifikasi Pendampingan Usaha

500 KPM PKH di Karanganyar Diverifikasi Pendampingan Usaha

Dukung Herd Immunity, PDIP Grobogan Gelar Vaksinasi Gratis

Kegiatan vaksinasi yang digagas DPC PDIP Grobogan dengan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan menyasar 1.000 warga.

KAI Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA sampai Sarjana

PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka rekrutmen pegawai untuk beberapa posisi seperti masinis sampai teknisi pemeliharaan.

Mesin ATM Bank Jateng di Kota Semarang Dibobol, Rp849 juta Raib

Peristiwa pembobolan ATM milik Bank Jateng terjadi di sebuah minimarket di Jalan Raya Plalangan Gunungpati, Semarang.